Untuk Kemanusian, Danrem 061 Surya Kencana Dukung Rapimnas Relawan Siaga Tahun 2021

22 March 2021 03:58
Untuk Kemanusian, Danrem 061 Surya Kencana Dukung Rapimnas Relawan Siaga Tahun 2021
Rapimnas Relawan Siaga berlangsung di Hotel Arimbi Jalan Raya Puncak Kampung Cibogo, Desa Cipayung Datar, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Penrem 061 Surya Kencana)
.

BOGOR, TRANS89.COM – Dalam rangka menjalin silaturahim, kekompakan dan terjalin kerjasama yang solid, serta untuk memberikan pencerahan dan motivasi kepada anggota Relawan Siaga, digelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Relawan Siaga tahun 2021.

Rapimnas tersebut berlangsung di Hotel Arimbi Jalan Raya Puncak Kampung Cibogo, Desa Cipayung Datar, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), Jumat (19/3/2021).

Kegiatan dibuka langsung Ketua Umum Relawan Siaga, Letjen (Purn) Agus Sutomo, dihadiri Mayjen TNI (Purn) Gadang Pambudi, Mayjen TNI (Purn) Adi Soedarjanto, Mayjen TNI (Purn) Heronimusguru, Brigjen TNI (Purn) Untung, Brigjen TNI (Purn) Binarko, Brigjen TNI (Purn) Patut Sudarsono, Brigjen TNI (Purn) Akhwan Ismadi, Brigjen TNI (Purn) Bambang Heru, Brigjen TNI (Purn) Masyum Syah, Danrem 061 Surya Kencana Brigjen TNI Ahmad Fauzi, Dandim 0621 Bogor Letkol Inf Syukur Hermanto.

Sedangkan pejabat pemerintah hadir melalui virtual (online) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiago Salahuddin Uno, Kepala Pusat Pendidikan Penanggulangan Bencana Berton Panjaitan, Duta Besar Venezuela Letjen TNI (Purn) Imam S.

Menparekraf, Sandiaga Sholahuddin Uno mengatakan, dengan terbentuknya relawan bencana tentunya sangatlah membantu masyarakat di tanah air, sehingga kedepannya dapat berkerjasama, bersinergi dengan hati yang tulus guna membantu dalam setiap adanya kesulitan masyarakat.

“Negara kita yang terdiri dari beribu-ribu pulau dengan karakteristik daerah yang berbeda-beda, masing-masing mempunyai potensi bencana yang berbeda-beda, dan perlu adanya antisipasi terhadap bencana,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya.

Menurut dia, untuk itu relawan siaga bencana sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat di tanah air.

“Sudah banyak terbukti relawan bencana telah banyak membantu dalam menanggulangi bencana, seperti bantuan kemanusiaan bagi masyarakat yang terdampak bencana,” tutur Sandiaga.

Danrem 061 Surya Kencana, Brigjen TNI Achmad Fauzi turut hadir pada kegiatan tersebut sangat mendukung kegiatan para seniornya, terlebih kegiatan bantuan kemanusiaan yang juga merupakan salah satu tugas pokok TNI dalam operasi militer selain perang.

“Tentunya kami sangat mendukung kegiatan ini, karena kegiatan ini dilaksanakan memerlukan kerjasama dalam membantu pemerintah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam penanggulangan bencana, membantu Basarnas dalam membantu pencarian dan pertolongan kecelakaan dan lain sebagainya,” ujar Fauzi.

Danrem menyatakan, untuk kegiatan Rapimnas Relawan Siaga kali ini di selenggarakan untuk menjalin silaturahim, juga untuk memberikan motivasi dalam setiap kegiatan relawan, sehingga dalam kegiatan apapun selalu disertai hati yang tulus dan ikhlas.

“Mengingat masih situasi pandemi Covid-19, dalam pelaksanaan kegiatan Rapimnas ini, seluruh peserta mengikuti kegiatan telah melaksanakan rapid antigen disertai bukti dan hasil rapid, serta selama kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes),” imbuhnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya