Aliansi Bara Barayya Bersatu di Makassar Aksi Solidarita Bagi Warga Tamansari, Pancoran dan Pakel

22 March 2021 03:54
Aliansi Bara Barayya Bersatu di Makassar Aksi Solidarita Bagi Warga Tamansari, Pancoran dan Pakel
Aliansi Bara-Barayya Bersatu gelar aksi solidaritas Tamansari dan Pancoran serta Pakel Tanah Untuk Rakyat di bawah jembatan Fly Over Jalan Urip Sumiharho, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Slamet Untung mam Santoso/Trans89.com)
.

MAKASSAR, TRANS89.COM – Puluhan massa tergabung dalam Aliansi Bara-Barayya Bersatu gelar aksi solidaritas Tamansari dan Pancoran serta Pakel Tanah Untuk Rakyat.

Aksi dipimpin Farhan di bawah jembatan Fly Over (FO) Jalan Urip Sumiharho, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (20/3/2021).

Tamansari merupakan pemukiman warga padat penduduk, dimana Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, sejak tahun 2017 merencanakan pembangunan proyek rumah deret di kawasan pemukiman padat penduduk tersebut.

Di Pancoran merupakan konflik lahan di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan antara warga setempat dengan pihak Pertamina.

Sementara Rukun Pakel Tanah Untuk Rakyat merupkana konflik lahan warga Desa Pakel di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dengan pemegang Hak Guna Usahan (HGU) PT Bumi Sari dan Perhutani yang berlangsung puluhan tahun.

Ketiga tempat tersebut menggugah Aliansi Bara-Barayya Bersatu yang mengalami nasib serupa untuk lakukan aksi solidaritas Taman Sari dan Pancoran, serta Rukun Pakel Tanah Untuk Rakyat.

Massa aksi membawa spanduk dan pamflet bertuliskan, hentikan perampasan ruang hidup warga Bara Barayya, dan tolak rumah deret.

Orasi Farhan mengatakan, oknum organisasi masyarakat (ormas) maupun oknum aparat yang ada di Pancoran melakukan tindakan terhadap warga Pancoran itu adalah salah satu tindakan dilaur perikemanusiaan.

“Maka dari itu, harus dilakukan perlawanan terhadap para ormas dan aparat,” kata Farhan.

Selain aksi solidarita di tiga tempat tersebut, aksi ini juga terkait sengketa lahan Asrama Bara Barayya, dimana penuntut telah memenangkan sidang di Pengadilan Negeri (PN) Makassar.

Masyarakat Bara-Baraya saat ini tidak menerima putusan tersebut, sehingga tetap melakukan aksi protes dengan berunjuk rasa. (Santoso/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya