KPU Karanganyar Gelar Rakor Pemutakiran Daftar Pemilih Berkelanjutan

12 March 2021 02:32
KPU Karanganyar Gelar Rakor Pemutakiran Daftar Pemilih Berkelanjutan
Ketua KPU Karanganyar, Tri Hastuti Suryandari pimpin rakor PDPB tahun 2021, berlangsung di RM Green Resto Jalan Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Muhammad Husni Thamrin/Trans89.com)
.

KARANGANYAR, TRANS89.COM – Ketua KPU Karanganyar, Tri Hastuti Suryandari pimpin rapat koordinasi (rakor) pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan (PDPB) tahun 2021, berlangsung di rumah makan (RM) Green Resto Jalan Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (9/3/2021).

Hadir dihgiat tersebut, Komisioner KPU Karanganyar Suharjanto, Devid S, Kustiono dan Maksum, Pasi Pers mewakili Dandim 0727 Karanganyar Lettu Inf Sugeng Hermanto, Kasat Intelkam mewakili Kapolres Karanganyar AKP Teguh Sujadi.

Selanjutnya mewakili Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar Yuli Nurwanti, mewakili Pengadilan Negeri Karanganyar Agus Dwiyanto, Komisioner Bawaslu Karanganyar Handoko Budi Nugroho, dan perwakilan partai politik (parpol) peserta pemilu.

Ketua KPU Karanaganyar, Tri Hastuti Suryandari mengatakan, tujuan kami menyelenggarakan rakor ini guna pembaruan dan pemutakhiran data yang falid untuk persiapan penyelenggaraan pemilu yang akan datang.

“Kami meyakini untuk penyelenggaraan pemilu yang akan datang kita menghadapi kesulitan masalah data,” kata Tri.

Menurut dia, untuk itu, dalam upaya kita pemutakhiran data berkelanjutan ini, kami dari KPU tidak bisa memperbaruhinya sendiri dan harus melibatkan dari institusi lainnya.

“Kami ucapkan trimakasih kepada Kodim, Polres dan Disdukcapil, dimana selama ini selalu membantu pelaksanaan penyelenggaraan pemilu serta sudah memberikan data terbaru anggota yang sudah purna dan anggota baru,” tutur Tri.

Ia menyatakan, selain data pemilih baru yang pindah dan masuk ke Karanganyar, kami juga perlu antisipasi adanya data pemilih baru, sehingga hal tersebut perlu kami sinkronkan dengan data yang ada.

“Berkaitan dengan pemutakhiran ini, kami dari KPU sudah membuat aplikasi sidata, sehingga seluruh masyarakat bisa memastikan bahwa yang bersangkutan sudah masuk atau belum sebagai pemilih,” ujar Tri.

Lettu Sugeng mengatakan, kami dari Kodim akan berusaha untuk membantu KPU memberikan data yang di butuhkan, terutama yang berkaitan dengan anggota Kodim yang sudah purna dan anggota yang baru.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh elemen yang lain agar juga membantu KPU, karena masalah daftar pemilih ini biasanya sering memicu adanya atau munculnya konflik dalam pelaksanaan pemilu,” katanya.

Perwakilan Disdukcapil, Yuli Nurwanti mejelaskan, kami dari Disdukcapil Karanganyar akan selalu membantu terkait dengan pemutakhiran data yang di lakukan oleh KPU, tentunya terkait dengan perubahan data.

“Kami juga saat ini telah membuka kesempatan pembuatan E-KTP mulai dari umur 16 tahun,” jelasnya.

Perwakilan parpol dari partai Golkar, Darmanto mengatakan, kami dari partai mengucapkan terimakasih kepada KPU atas diadakannya rakor pemutakhiran data ini.

“Semoga dengan diadakannya rakor ini, data yang falid bisa diperbaharui sehingga dalam penyelenggaraan pemilu yang akan datang tidak terjadi masalah,” katanya.

Adapun data terbaru pemilih di Kabupaten Karanganyar di KPU, jumlah pemilih laki-laki 339.345 orang, pemilih perempuan 347.559 orang, total jumlah keseluruhan data pemilih Kabupaten Karanganyar 686.904 orang.

Dilanjutkan penandatanganan berita acara. (Husni/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya