Pernyataan Sikap DPC Partai Demokrat Karanganyar Tolak KLB di Deli Serdang

11 March 2021 08:30
Pernyataan Sikap DPC Partai Demokrat Karanganyar Tolak KLB di Deli Serdang
Ketua DPC Partai Demokrat Karanganyar, Tri Haryadi saat menyampaikan pernyataan sikap terkait KLB Partai Demokrat di Kabupaten Deli Serdang. (Muhamad Husni Thamrin/Trans89.com)
.

KARANGANYAR, TRANS89.COM – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Karanganyar menyampaikan pernyataan sikap terkait adanya Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) beberapa waktu lalu.

Pernyataan sikap dipimpin Ketua DPC Partai Demokrat Karanganyar Tri Haryadi didampingi Wakil Ketua Leo Edi Kusumo, Sekretaris Supriyanto, dan Bendahara Karwadi berlangsung di kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (9/3/2021).

Tri Haryadi mengatakan, kami ydisini menyampaikan bahwasanya kami sepakat bahwa KLB yang di gelar di Sumut adalah ilegal secara konstitusional, karena ada tiga hal yang tidak dipenuhi dalam pelaksanaan KLB tersebut.

“Sesuai ketentuan pelaksanaan KLB maupun Musyawarah Nasional (Munas), wajib dihadiri 2/3 dari pemegang suara, dihadiri 1/2 Ketua DPC dan harus mendapatkan persetujuan dari Majelis Tertinggi Partai Demokrat,” kata Tri.

Menurut dia, dari ketiga poin itu sesuai Anggaran Dasar-Anggarann Rumah Tangga (AD-ART) Partai Demokrat, itu sudah menggugurkan KLB tersebut.

“Selain itu, KLB bisa dilaksanakan oleh pengurus dan anggota partai yang masih aktif. Artinya, bahwa kemarin yang ikut dalam KLB di Sumut itu, seminggu sebelum KLB sudah diberhentikan dengan tidak hormat,” tutur Tri.

Ia menyatakan, sesuai rapat yang sudah dilaksanakan yang dihadiri oleh sekitar 35 Ketua DPC di Jateng, sepakat tidak hadir dalam KLB yang dilaksanakan di Sumut.

“Kalau ada yang hadir dalam KLB di Sumut, itu jelas abal-abal. Kami siap melawan letua hasil kongres ilegal (KLB). Kalau nanti terbukti ada perwakilan yang hadir dan diketahui memalsukan tanda tangan, kami tidak akan tinggal diam, dan akan menuntut secara hukum,” ujar Tri.

Direinya mengungkapkan, kami terus mendorong kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat agar memberikan pernyataan kepada seluruh Ketua DPC di seluruh Indonesia dan tetap solid kepada Ketua Umum (Ketum) yang sah (Agus Harimurti Yudhoyono).

“Terkait adanya teror dari anggota KLB, kami sedikitpun tidak akan takut, karena ini rumah kami (Partai Demokrat). Tidak ada hak dari orang-orang KLB untuk mengutak-atik kami. Semua DPC tetap solid merapatkan barisan dan setia kepada Ketum dan kita akan melakukan konsolidasi sampai ditingkat bawah,” ungkapnya. (Husni/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya