Keluar Instruksi DPP Untuk Ketua DPC, Muscab PKB Surakarta Deadlock

08 March 2021 03:16
Keluar Instruksi DPP Untuk Ketua DPC, Muscab PKB Surakarta Deadlock
Pelaksanaan Muscab DPC PKB Kota Surakarta berlangsung di Grand Amira Hotel Jalan Veteran, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. (Muhammad Husni Thamrin/Trans89.com)
.

SURAKARTA, TRANS89.COM – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) gelar musyawarah cabang (Muscab) di seluruh Indonesia, dan Dewan Pimpin Cabang (DPC) PKB Kota Surakarta atau Solo ini juga melaksanakannya dan berlangsung di Grand Amira Hotel Jalan Veteran, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (6/3/2021).

Hadir di Muscab DPC PKB Kota Surakarta, anggota DPR RI Fraksi PKB Faisal Reza, Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jateng Sri Yuliani, Dewan Pensehat PKB Surakarta Aryo Seno, Wakil Dewan Syuro PKB Jateng Abiil Khourudin, Ketua DPC PKB Surakarta Mohammad Rofik, Ketua PC NU Surakarta Mashuri, Sekretaris DPC PKB Surakarta Adetya Tarindra Wakil Ketua DPC PK Surakarta Wisnu A.

Sambutan Mohammad Rofik ucapkan salam dan terimaksih atas kehadirannya tamu undagan di Muscab DPC PKB Surakarta, dimana Muscab diselengarakan di 3 wilayah yang dilaksanakan secara serentak.

“Di Jateng mungkin di DPC wilayah lain lebih ramai karena kita hanya 5 DPC. MUcab hari ini adalah regenerasi kepengurusan, saya selalu bilang siapa yang mau nyaleg (DPRD) siapa yang mau jadi pengurus, dan banyak antusias dari teman-teman yang ingin menjadi caleg dan pengurus,” ucapnya.

Dalam hasil Muscab ke- 5 DPC PKB Kota Surakarta untuk sementara waktu mengalami deadlock, dikarenakan dari PAC dan DPC PKB Kota Surakarta menghendaki kepengurusan DPC PKB Kota Surakarta periode 2021-2026 sesuai dengan hasil rapat pleno DPC dan PAC yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu.

Akan tetapi, DPP PKB ada usulan nama lain untuk Ketua Tandfidz (DPC) PKB Kota Surakarta periode 2021-2026.

Atas adanya hal tersebut, usulan atau aspirasi dari DPC PKB Kota Surakarta diteruskan ke DPW PKB Provinsi Jawa Tengah guna disampaikan ke DPP PKB di Jakarta.

DPP PKB mengeluarkan instruksi dimana Ketua DPC PKB Surakarta Muhamad Rofik digantikan Muhammad Birawan. Dan membuat pengurus merasa kecewa dengan pergantian itu, belasan pengurus anak cabang (PAC) memilih walk-out dan keluar dari ruangan Muscab.

Mereka memilih berdiskusi dengan pengurus lainnya berkaitan dengan pergantian tersebut. Bahkan Ketua DPP PKB Faisal Rizal yang menghadiri agenda itu sempat mendapat teriakan dari pengurus.

“Muhamad Rofik! Pokoknya Rofik,” ujar salah satu pengurus.

Faisal Rizal pun memaklumi kekecewaan dari pengurus DPC maupun PAC PKB Surakarta.

“Ini dinamika dalam politik dan ada peraturan pertai yang berubah. Makanya kita sosialisasikan keputusan dari DPP. Sudah final Muhammad Birawan,” katanya.

Lanjut Faisal, berbagai aspirasi yang keluar dari akar rumput maupun PAC PKB se-Kota Surakarta akan dibawa ke DPP.

“Tepenting sebenarnya adalah PKB Surakarta siap mengikuti pemilu 2024 dan mencalonkan diri serta mempersiapkan semua perangkat,” imbuhnya. (Husni/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya