Menteri PPN Bahas Green Infrastructure Initiative Bersama Menteri Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman

07 March 2021 05:38
Menteri PPN Bahas Green Infrastructure Initiative Bersama Menteri Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa hadiri rakor kick off steering committee meeting Jerman-Indonesia untuk green infrastructure initiative. (Tim Komunikasi Publik Kementerian PPN)
.

JAKARTA, TRANS89.COM – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Suharso Monoarfa hadiri rapat koordinasi (rakor) kick off steering committee meeting (memulai rapat komite pengarah) Jerman-Indonesia untuk green infrastructure initiative (inisiatif infrastruktur) bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Acara tersebut dilaksanakan secara virtual (online) dihadiri sejumlah pihak dan pejabat negara, sperti Menteri Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman Gerd Muller, Dirjen Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri, Duta Besar Ngurah Swajaya, Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementerian Keuangan, Kamis (4/3/2021).

Pemerintah Jerman menyampaikan komitmen pendanaan untuk proyek-proyek infrastruktur hijau khususnya di wilayah perkotaan atau green infrastructure development initiative senilai EUR 2,5 miliar kepada pemerintah Indonesia diwakili oleh Menteri PPN disela-sela pertemuan tahunan Bank Dunia Oktober 2018 di Bali, dan ditegaskan kembali pada pertemuan negosiasi kerja sama pembangunan Bilateral di Berlin pada Oktober 2019.

Dalam pertemuan tersebut sejumlah pejabat yang hadir dan Menteri Muller mendiskusikan mengenai proyek yang akan dikerjasamakan dengan pemerintah Jerman, diantaranya adalah pasokan air regional wosusoka, pengelolaan limbah padat untuk pembangunan kota yang berkelanjutan, dan pembangunan kereta api regional Surabaya tahap 1.

Menurut Suharso, pelaksana dari proyek-proyek tersebut adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk proyek pasokan air dan pengelolaan limbah, sementara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) adalah pelaksana proyek pembangunan kereta api regional Surabaya tahap 1.

“Saat ini seluruh proyek tersebut masih dalam perencanaan dan pembahasan,” tuturnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya