Komandan Seskoau: Pemimpin Harus Menjadi Teladan

04 March 2021 02:09
Komandan Seskoau: Pemimpin Harus Menjadi Teladan
Komandan Seskoau Marsda TNI Samsul Rizal saat memberikan kuliah secara langsung maupun teleconference tentang kepemimpinan militer ke Sesau Angkatan 15, di Gedung Srutasala Seskoau, Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Penerangan Seskoau)
.

BANDUNG, TRANS89.COM – Dihadapan Perwira Siswa Sekolah Staf TNI AU (Sesau) Angkatan 15 saat memberikan kuliah secara langsung maupun teleconference tentang kepemimpinan militer, Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Udara (Seskoau) menerangkan, bahwa pemimpin harus menjadi teladan atau berada didepan.

“Bukan hanya mengatakan ayo maju, tetapi berada di belakang, melainkan berkata ikuti saya, dan berada didepan,” tegas Marsda TNI Samsul Rizal dalam keterangan tertulisnya di Gedung Srutasala Seskoau, Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), Rabu (3/3/2021).

Ia menyampaikan tentang prinsip-prinsip kepemimpinan serta perubahan paradigma kepemimpinan militer.

“Pemimpin masa depan harus serba bisa, fleksibel, adaptif dan inovatif, agar tetap efektif di era milenial,” papar Samsul.

Menurut dia, era informasi, pemimpin akan bertindak dalam kapasitas sebagai fasilitator, pelatih, perancang dan sebagai guru.

“Setiap pemimpin militer harus diberi kesempatan untuk mempelajari ilmu perang. Setiap prajurit, apapun kelas atau keahliannya, harus diberi akses tanpa batas ke program studi perang terbaik dan paling inklusif. Dan setiap prajurit yang memanfaatkan kesempatan ini harus dihargai secara profesional atas kualitas pendidikannya,” tutur Samsul merupakan Komandan peraih Adhi Makayasa tahun 1990 ini.

Sebelumnya, Sesau Angkatan 15 bersama Seskoau Angkatan 58 telah diresmikan pembukaannya pada awal tahun tanggal 14 Januari 2021, oleh Komandan Seskoau Marsda TNI Samsul Rizal yang telah menjabat sejak 29 Mei 2020.

Upacara pembukaan ini diikuti oleh gabungan Gelombang Pertama Pasis Seskoau (50 personel) dan Pasis Sesau (20 personel) dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Pasis Seskoau maupun Sesau berlatarbelakang keilmuan dan korps TNI yang beragam. Para Perwira Menengah TNI AU ini berasal dari satuan kerja yang tersebar di seluruh Indonesia antara lain dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Bogor, Pekan Baru, Malang, Pontianak, Manado, Pulau Natuna, Jayapura, Tanjung Pinang dan Biak.

Keempat puluh sembilan Calon Pasis ini berhasil lulus dan lolos seleksi serta berkesempatan mengikuti pendidikan di tahun yang penuh tantangan ini sesuai keputusan Pimpinan TNI AU.

Pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini dilaksanakan secara hybrid dan menyesuaikan dengan kebiasaan baru (new normal).

Pasis dibagi kedalam dua kelompok belajar, yakni satu kelompok secara tatap muka di kampus dengan menerapkan protokol kesehatan. Dan kelompok yang lain mengikuti pembelajaran secara daring melalui teleconference sehingga diterapkan On-Off Campus dengan dua gelombang Pasis.

Sementara itu, Wadanseskoau Marsma TNI Ronny I Moningka pada kesempatan yang sama mengawasi tanya-jawab interaktif Pasis tentang materi kepemimpinan militer.

Kuliah ini berlangsung dengan menarik, dibuktikan banyaknya variabel pertanyaan yang bermunculan. Setelah perkuliahan, Danseskoau didampingi Wadanseskoau memimpin rapat membahas penajaman kurikulum Seskoau. (Gufran)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya