BPN Aceh Serahkan Sertifikat Tanah Milik Lanal dan Pemkot Sabang

04 March 2021 01:20
BPN Aceh Serahkan Sertifikat Tanah Milik Lanal dan Pemkot Sabang
Kakanwil ATR/BPN Provinsi Aceh, Agustyarsyah menyerahkan sertifikat tanah milik negara ke Lanal Sabang dan Pemkot Sabang, berlangsung di Lobby Laksamana Malahayati Mako Lanal Sabang Jalan Yos Sudarso, Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. (Ramzah Hasan/Trans89.com)
.

SABANG, TRANS89.COM – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Aceh, Agustyarsyah menyerahkan sertifikat tanah milik negara ke Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sabang dan Pemerintah Kota (Pemkot) Sabang.

Hal itu berdasarkan program nasional tentang persertifikatan tanah tahun 2021, berlangsung di Lobby Laksamana Malahayati Mako Lanal Sabang Jalan Yos Sudarso, Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh, Selasa (2/3/2021).

Hadir digiat tersebut, Sekda Kota Sabang Zakaria, Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Agus Darmawan, Kepala Kantor BPN Sabang Muliadi, Kepala Kantor Bea Cukai Sabang Hanif Adnan Zunanto serta tamu undangan lainnya.

Sambutan Danlanal Sabang, Kolonel Laut (P) Agus Darmawan, mengatakan tanah Lanal Sabang sudah lama bersengketa dari tahun 1991 hingga 2021, berkat bantuan dari Kepala BPN Sabang, Muliadi yang intens menyelesaikan permasalahan ini.

“Semoga semua ini bisa menjadi berkah, dan mudah-mudah dengan program persertifikatan gratis ini bisa membantu dan menyelesaikan permasalah-permasalahan tentang sengketa tanah,” kata Agus.

Agus berharap kedepan, baik Pemkot atau instansi yang lain bisa berkoordinasi dengan BPN tentang permasalahan aset, dalam hal ini BPN yang sudah di tunjuk oleh pemerintah.

“Kami ucapkan terimakasih kepada BPN Sabang yang telah membantu dalam pengukuran tanah dan persertifikatan tanah milik Lanal Sabang,” ujar Agus.

Sekda Kota Sabang, Zakaria ucapkan Alhamdulillah berkat BPN Sabang, bisa menyelesaikan terkait batas tanah milik Lanal Sabang yang berbatasan dengan aset tanah milik Pemkot Sabang.

“Kami memberi apresiasi sangat tinggi dan terimakasih kepada Danlanal Sabang yang sudah menyelesaikan permasalahan batas terkait aset tanah milik Pemkot dan Lanal Sabang,” ucap Zakaria.

Ia berharap, kita semua ini menjadikan silaturahmi kita semakin erat dan semakin baik lagi kedepannya.

“Ucapan selamat kepada Danlanal Sabang yang akan menjabat dengan jabatan baru di TNI AL,” kata Zakaria.

Kakanwil BPN Aceh Agustyarsyah apresiasi kesepakatan antara Lanal dan Pemkot Sabang yang bisa menunjang pekerjaan kami terkait garis batas yang sudah di sepakati.

“Kedepan, siapa yang memiliki tanah harus membayar pajak yang bertujuan untuk bagi pemilik tanah tidak hanya berinvestasi di tanah saja,” ujar Agustyarsyah.

Dirinya menjelaskan, Sabang akan disiapkan dan di rekomendasikan menjadi kota lengkap, makusdnya kota lengkap adalah seluruh anggaran yang di kucurkan khusus oleh pemerintah ke Kota Sabang untuk percepatan sertipikat tanahnya.

“Kami memastikan dua sertifikat akan di keluarkan ini menjadi tolak awal kami kedepannya. Pencapaian ini menjadi proses pembelajaran bagi yang lain untuk belajar dalam tahapan-tahapan kedepannya,” jelas Agustyarsyah.

Selanjutnya penyerahan sertifikat tanah milik Lanal Sabang dan Pemkot Sabang. (Ramzah/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya