Wakil Bupati Pasangkayu Ajak OPD Terapkan Sistem Kerja Partisipatif, Herny: Menguatkan Masyarakat Mandiri

03 March 2021 18:08
Wakil Bupati Pasangkayu Ajak OPD Terapkan Sistem Kerja Partisipatif, Herny: Menguatkan Masyarakat Mandiri
Wakil Bupati Pasangkayu, Herny Agus mengajak para OPD membangun sistem kerja kolaborasi partisipatif dalam menyukseskan realisasi visi misi-nya lima tahun kedepan di kantor bupati Jalan Ir Soekarno, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. (Dok. Dinas Kominfopers Pasangkayu)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Wakil Bupati (Wabup) Pasangkayu Herny Agus mengajak para organisasi perangkat daerah (OPD) membangun sistem kerja kolaborasi partisipatif dalam menyukseskan realisasi visi misi-nya lima tahun kedepan.

“Hal itu diperlukan ditengah anggaran daerah yang terbatas,” kata Herny dalam keterangan tertulisnya diacara forum OPD dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 digelar Bappeda Litbang Pasangkayu berlangsung di kantor bupati Jalan Ir Soekarno, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (2/3/2021).

Menurut dia, OPD harus mampu berinovasi dan berkreasi untuk menjalankan program kerja.

“Minim biaya tapi dapat memberi dampak yang besar dimasyarakat,” tutur Herny.

Ia menyatakan, jangan lagi berperspektif ada anggaran atau tidak dalam menjalankan program, karena kalau seperti itu realisasi visi misi tidak maksimal.

“Sebab kita tahu bersama, anggaran terbatas. Mari bangun sistem swadaya. Menguatkan masyarakat agar mereka bisa mandiri,” ujar Herny.

Dirinya menyatakan, ada sembilan program unggulan yang terkemas dalam sembilan aksi Smart di masa pemerintahannya/

“Salah satunya mesti direalisasikan dengan sistem kolaborasi partisipatif, yakni program strong from home (penguatan fungsi rumah dan keluarga),” ujar Herny.

Lanjut Herny, program strong from home dirumuskan untuk menjawab tantangan ketahanan keluarga di masa pandemi Covid-19, dimana wujud program itu seperti pemanfaatan pekarangan.

“Nah, itu tidak perlu anggaran banyak, kita cukup jadi motivator dan fasilitator, sehingga masyarakat sadar dan mau bergerak untuk menanam sayuran dan tanaman obat di pekarangan mereka dalam rangka pemenuhan gizi keluarga,” imbuhnya.

Hadir dikesempatan itu, Sekda Kabupaten Pasangkayu Firman, Anggota DPRD Pasangkayu Muslihat Kamaluddin, dan mantan Bupati Agus Ambo Djiwa yang juga bertindak sebagai pembicara. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya