Pemda Mamuju Salurkan Santunan Ke Ahli Waris Korban Bencana Gempa Bumi

03 March 2021 01:18
Pemda Mamuju Salurkan Santunan Ke Ahli Waris Korban Bencana Gempa Bumi
Pemda Kabupaten Mamuju menyalurkan bantuan dari Kemensos berupa santunan bagi ahli waris korban bencana gempa bumi magnitudo 6,2 Sulawesi Barat, berlangsung di Posko Rujab Wakil Bupati Jalan Ahmad Kirang, Kabupaten Mamuju. (Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mamuju menyalurkan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) berupa santunan bagi ahli waris korban bencana gempa bumi magnitudo 6,2 Sulawesi Barat (Sulbar).

Hadir di giat tersebut Bupati Mamuju Siti Sutina Suhardi, Ketua DPRD Sulbar Siti Suraidah Suhardi, Ketua DPRD Mamuju Azwar Ashari Habsi, Dandim 1418 Mamuju Kolonel Inf Tri Aji Sartono, Kapolresta Mamuju Kombes Iskandar, Sekretaris Dinsa Sosial (Dinsos) Mamuj Muzakkir berlangsung di Posko Rujab Wakil Bupati Jalan Ahmad Kirang, Kabupaten Mamuju, Senin (1/3/2021).

Sekdis Sosial Mamuju, Muzakkir mengatakan kegiatan ini dilaksanakan atas dasar Peraturan Menteri Sosial (Permensos) tentang bantuan langsung dalam bentuk uang secara tunai bagi korban bencana alam.

“Tujuan dari pemberian santunan yaitu pemberian bantuan stimulan pemulihan dan penguatan sosial yang tepat sasaran secara efektif dan efisien, terpenuhinya kebutuhan dasar korban bencana serta terlaksananya rehabilitasi, rekonstruksi atau relokasi,” kata Muzakkir.

Menurut dia, saat ini telah ada 87 orang ahli waris dari 96 orang yang menjadi korban bencana alam gempa bumi di Kabupaten Mamuju.

“Pelaksanaan penyaluran bantuan santunan ini diberikan kepada ahli waris, dimana diberikan kepada yang berwenang sesuai surat kuasa,” tutur Muzakkir.

Ia menyebutkan, bantuan sosial (bansoso) senilai Rp15.000.000/jiwa dengan total Rp1.425.000.000.

“Saat ini masih adanya dua orang korban yang belum teridentifikasi dan masih menunggu klarifikasi pihak keluarga,” sebut Muzakkir.

Bupati Mamuju, Siti Sutinah Suhardi mengapresiasi kepada seluruh instansi dan relawan dalam membantu masyarakat Mamuju pasca gempa bumi yang terjadi diawal tahun ini.

“Bantuan ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah kepada masyarkat yang terdampak bencana alam. Kepada seluruh masyarakat agar jangan putus asa dan terus bangkit karena yakin Mamuju kuat dan Mamuju bangkit,” ujar Sutinah beri semangat.

Selanjutnya penyerahan bantuan secara simbolis kepada ahli waris oleh Ketua DPRD Sulbar, Bupati Mamuju, Dandim 1418 Mamuju dan Kapolres Mamuju. (Sarwo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya