Embung Tabuan Meluap Rendam Perkampungan di Lombok Timur

24 February 2021 17:43
Embung Tabuan Meluap Rendam Perkampungan di Lombok Timur
Hujan di wilayah Kabupaten Lombok Timur serta kurang tersedianya saluran derenase yang baik menyebabkan banjir luapan embung Tabuan di Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lotim, Nusa Tenggara Barat. (Bayu A/Trans89.com)
.

LOMBOK TIMUR, TRANS89.COM – Hujan deras di wilayah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) serta kurang tersedianya saluran derenase yang baik menyebabkan banjir luapan embung Tabuan dengan ketinggian sekitar 40 centimeter (cm) di Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lotim, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (23/2/2021).

Pantauan di lapangan, sekitar pukul 14.00 WITA, terjadi hujan di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Lotim dengan intesitas sedang.

Pada pukul 16.30 WITA, embung Tabuan yang berada di Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru tidak mampu menampung debit air, sehingga meluap dan masuk ke pemukiman danmenggenangi rumah warga.

Pukul 17.40 WITA, personil TNI/Polri lakukan pengecekan di lokasi banjir dan mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada. Dan pukul 19.20 WITA, air mulai surut namun warga tetap diimbau utuk wasapada mengingat cuaca di wilayah Kabupaten Lotim masih mendung.

Saat ini tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim sedang melakukan pendataan terkait dengan kerugian masyarakat yang disebabkan oleh banjir tersebut.

BPBD Lotim juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana yang dapat ditimbulkan akibat bencana banjir. (Bayu/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya