Kades di Halmahera Utara Desak Pembayaran Dana Penghasilan Tetap

23 February 2021 17:42
Kades di Halmahera Utara Desak Pembayaran Dana Penghasilan Tetap
Kades se-Kabupaten Halmahera Utara unjuk rasa di kantor BKAD di Tobelo, Kabupaten Halut, Maluku Utara. (H Wuryanto/Trans89.com)
.

HALMAHERA UTARA, TRANS89.COM – Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Halmahera Utara (Halut) unjuk rasa terkait dana penghasilan tetap (DPT) yang selama ini dijanjikan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halut.

Aksi aksi dipimpin oleh Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Halut, Tomi Moses berlangsung di kantor Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) di Tobelo, Kabupaten Halut, Maluku Utara (Malut), Senin (22/2/2021).

Para kades diterima Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan Daerah BKAD Halut, Oscar Mene.

Tomi Moses mengatakan, kedatangan para kades di BKAD tidak ada unsur politik, namun untuk menuntut hak para kades, seperti penghasilan tetap yang selama ini di janjikan oleh pemda akan dicairkan secepatnya, namun sampai saat ini belum terealisasi.

“Apabila tuntutan dalam minggu ini tidak terealisasi sampai batas hari Kamis, maka para kades akan turun kejalan dengan massa yang lebih banyak,” ancam Tomi.

Ia menyatakan, selama penghasilan tetap kami (kads) belum dicairkan, maka semua kegiatan yang dilaksanakan oleh perangkat desa dihentikan.

“Para kades bekerja bukan hanya kerja bakti semata, karena kami juga punya istri dan anak yang harus diberi nafkah,” ujar Tomi.

Tanggapan Kabid Pendapatan Daerah BKAD Halut, Oscar Mene menyampaikan apa yang menjadi tuntutan para kades akan disampaikan ke Kepala Badan (Kaban) BKAD.

“Mohon kerjasama yang baik untuk para kades, karena tuntutan para kades akan dikordinasikan kepada Pelaksanaharian (Plh) Bupati sebagai pengambil kebijakan di Kabupaten Halut,” paparnya. (Wuryanto/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya