Gerakan Hari Peduli Sampah Nasional di Magetan

23 February 2021 00:05
Gerakan Hari Peduli Sampah Nasional di Magetan
Peringati Hari Sampah Nasional, warga laksanakan pencanangan bank sampah Jetis Maju bersama dua Desa di Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. (Adhitya Wijaya/Trans89.com)
.

MAGETAN, TRANS89.COM – Peringati Hari Sampah Nasional, warga laksanakan pencanangan bank sampah Jetis Maju bersama dua Desa di Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim), Minggu (21/2/2021).

Hadir di giat tersebut, Bupati Magetan Suprawoto, Wakil Bupati Magetan Nanik, Ketua DPRD Magetan Sujatno, Wakapolres Magetan Kompol Dadang Kurnia, Camat Ngariboyo Arif Ridwan, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Magetan.

Sambutan Camat Ngariboyo, Arif Ridwan mengatakan kami seluruh panitia yang ada di Desa Ngariboyo telah mempersiapkan diri dalam rangka pencanangan bank sampah Ngariboyo dan kami juga telah mempersiapkan donasi jelantah untuk di laksanakan penyulingan, sehingga bisa bermanfaat.

“Dari kepanitian bukan dari Desa Ngariboyo aja, tetapi kami bekerja sama dengan ibu-ibu PKK dari desa lainnya,” kata Arif.

Menurut dia, kesempatan ini kami mengangkat tema jelantah merupakan limbah rumah tangga, maka kami bekerja sama ibu PKK bisa memanfaatkan jelantah menjadi berguna.

“Di setiap bulan kami bisa mengumpulkan sampah sebanyak satu ton dalam setiap RT Desa Ngariboyo. Kami ucapkan banyak terima kasih atas dukungan Kepala Desa Ngraiboyo, Sumadi dan bupati, moga-moga kedepan Desa Ngariboyo bisa lebih maju,” tutur Arif.

Bupati Magetan, Suprawoto menyampaikan, kerja keras ibu-ibu PKK Desa Ngariboyo dalam memanfaatkan limbah rumah tangga bisa bermanfaat dengan baik.

“Kita berharap, desa seluruh Magetan bisa mempunyai inisiatif dan bisa mengolah limbah yang ada di sekitar kita agar bisa bermanfaat,” papar Suprawoto.

Ia menyatakan, kita harus memaknai kehidupan baru dengan memakai masker 24 jam, karena angka kematian dan klaster kematian lebih tingggi dan di dalam keadaan pandemi corona, teman-teman dari komunitas peduli sampah ini mencoba memaknai dengan merubah jelantah rumah tangga bisa bermanfaat sekali.

“Saya selaku Bupati Magetan sangat mendukung niat baik ibu-ibu PKK Desa Ngariboyo ini untuk memulihkan ekonomi saat pandemi ini,” ujar Suprawoto. (Adhitya/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya