Syukuran Tradisi Bakar Batu Warga Opitawak Tembagapura di Mimika

22 February 2021 00:53
Syukuran Tradisi Bakar Batu Warga Opitawak Tembagapura di Mimika
Tradisi bakar batu dalam rangka syukuran dan bersih-bersih kampung serta dimulai aktivitas masyarakat untuk berkebun, mendulang dan ibadah di gereja pasca pengungsian warga di Desa Opitawak, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. (Ari Bagas Yusuf/Trans89.com)
.

MIMIKA, TRANS89.COM – Tradisi bakar batu merupakan salah satu budaya penting di Papua yang berupa ritual memasak bersama-sama warga satu kampung yang bertujuan untuk bersyukur, bersilaturahim, kelahiran, perkawinan adat, penobatan kepala suku, atau untuk mengumpulkan prajurit untuk berperang.

Seperti pelaksanaan tradisi bakar batu dalam rangka syukuran dan bersih-bersih kampung serta dimulai aktivitas masyarakat untuk berkebun, mendulang (menambang) dan ibadah di gereja pasca pengungsian warga di Desa Opitawak, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (20/2/2021).

Acara bakar batu dipimpin Kepala Suku Opitawak, Marius Omabak dengan menyhiapkan bahan makanan yang akan dimasak, yakni 110 ekor ayam kampung, pisang, ubi-ubian, singkong dan sayur-sayuran.

Marius Omabak ucapkan terima kasih kepada semua yang hadir seperti TNI dan masyarakat, dimana bakar batu ini bertujuan untuk kebersamaan dan kekeluargaan di Desa Opitawak.

“Rasa syukur sudah kembali ke kampung dan melaksanakan pembersihan setelah sekian lama ditinggalkan. Dengan bakar batu ini, dimulainya aktivitas seperti semula, yaitu pendulangan, berkebun, beternak dan ibadah ke gereja,” ucap Marisu. (Ari/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya