Bentrokan HMI dan PMII di Kampus Unasman Polewali Mandar

21 February 2021 16:53
Bentrokan HMI dan PMII di Kampus Unasman Polewali Mandar
Dua kelompok organisasi kemahasiswaan di Polman bentrok, yakni HMI dengan PMII di sekitaran kampus Unasman Jalan Gatot Subroto, Kabupaten Polman, Sulawesi Barat. (Atjo Mappinawang/Trans89.com)
.

POLEWALI MANDAR, TRANSN89.COM – Dua kelompok organisasi kemahasiswaan di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) bentrok, yakni Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) dengan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Kejadian bentrokan diduga karena ketidaksenangan kelompok PMII atas kegiatan di aula Unasman dimana HMI memasang bendera dan atribut di sekitaran kampus Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) Jalan Gatot Subroto, Kabupaten Polman, Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (20/2/2021).

Kronologis kejadian, sekitar pukul 10.30 WITA, sekitar 20 orang dari kelompok PMII Cabang Polman mendatangi aula Unasman tempat kegiatan intermediate taraining tingkat internasional yang akan di gelar HMI Cabang Polman dengan merobek baliho dan membanting beberapa kursi dalam ruangan.

Sekitar pukul 11.00 WITA, sekitar 50 orang dari kelompok HMI Cabang Polman berkumpul di aula Unasman kemudian mencari kelompok dari PMII, sehingga terjadi bentrok saat kedua kelompok tersebut bertemu, maka kejadian saling pukul dan lempar batu terjadi antara kedua kelompok.

Akibat kejadian tersebut, 4 orang dari HMI terkena lemparan batu, kemudian dilarikan ke rumah sakit umum daerah (RSU) Polewali untuk mendapatkan perawatan.

Keempat kade HMI itu yakni Asdi Aslan terkena pukulan sehingga tidak sadarkan diri, Najamuddin terkena lemparan batu dibagian belakang kepala, Khairul Amri terkena lemparan batu pelipis sebelah kiri, dan Mulki terkena pukulan di bagian leher.

Sekitar pukul 12.20 WITA, sekitar 30 personel gabungan Polres Polman tiba di Kampus Unasman di pimpin Kabag Ops Polres Polman, Kompol Jubaidi

Tak berselang lama, Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono tiba di kampus Unasman dan berkoordinasi dengan pihak kampus.

Sementara kegiatan HMI Cabang Polman yakni intermediate training tingkat internasional tetap dilanjutkan dengan catatan dilaksanakan pengamanan dari personel Polres Polman.

Kapolres  Polman, AKBP Ardi Sutriono membenarkan adanya tawuran sekelompok pemuda yang terjadi dalam kampus.

“Belum tau apa motif sampai terjadi perkelahian antara pemuda tersebut,” kata Ardi.

Ia menjelaskan, sekelompok pemuda saling serang terjadi di dalam Kampus Unasman, dan kami belum tahu apa penyebabnya, sehingga mereka saling serang.

“Namun kami sebagai polisi terus melakukan upaya pengamanan dan Alhamdulillah sudah aman serta kondusif,” jelas Ardi.

Sementara video tawuran berseliwaran di media sosial (medsos) facebook (FB), direkam kemungkinan salah seorang mahasiswa. Dalam video berdurasi 30 menit itu, terlihat sejumlah pemuda saling serang dengan menggunakan batu. (Atjo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya