Aksi Kamisan Padang Desak Cabut Izin Tambang Galian C PT Zulia Mentawai RIK

20 February 2021 12:37
Aksi Kamisan Padang Desak Cabut Izin Tambang Galian C PT Zulia Mentawai RIK
Aksi Kamisan Kota Padang dengan mengusung tema menolak tambang galian C di Nagari Buayan Kabupaten Padang Pariaman di Simpang RM Lamun Ombak Jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat. (Tri Eksan/Trans89.com)
.

PADANG, TRANS89.COM – Aksi Kamisan Kota Padang dipimpin Martil dengan mengusung tema menolak tambang galian C di Nagari Buayan Kabupaten Padang Pariaman.

Kelompok Aksi Kamisan Kota Padang gelar aksinya di Simpang Rumah Makan (RM) Lamun Ombak Jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (18/2/2021).

Massa aksi membawa spanduk dan pamflet bertuliskan, masyarakat Nagari Buayan tolak tambang galian C oleh PT Zulia Mentawai RIK. Aksi Kamisan Padang, Buayan tolak tambang galian C, hidup petani, save Buayan, dan Buayan bersatu.

Tuntutan kelompok Aksi Kamisan Padang membagikan brosur ke warga pengguna jalan dan dibacakan Martil menyampaikan, cabut izin tambang galian C PT Zulia Mentawai RIK.

“Dokumen izin tambang yang diajukan oleh PT Zulia Mentawai RIK bermasalah, terbukti dari sertifikat yang dilampirkan PT Zulia Mentawai RIK tidak sesuai dengan lokasi produksi tambang yang berada di Korong Simpang, Nagari Buayan Lubuk Alung, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman,” paparnya.

Martil meminta kepada DPRD Padang Pariaman untuk menindaklanjuti atas tindakan yang dilakukan oleh Wali Nagari dan Bamus Nagari Buayan Lubuk Alung, karena tidak menjalankan kewajiban terhadap masyarakat yang mana sesuai dengan prosedural Undang-Undang (UU) Desa nomor 06 tahun 2014.

“Kami meminta untuk lakukan kegiatan reklamasi pasca tambang dilakukan (PT Zulia Mentawai RIK) setelah kegiatan pertambangan (penggalian) dimulai,” pintanya. (Tri/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya