Ditengah Pandemi, SMP Astra Makmur Jaya Gelar Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran

17 February 2021 17:45
Ditengah Pandemi, SMP Astra Makmur Jaya Gelar Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran
Program teacher sharing SMP Astra Makmur Jaya pelatihan pembuatan video pembelajaran merupakan sekolah binaan PT Letawa di Desa Makmur Jaya, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. (Hums Astra Agro Lestari)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Wabah pandemi corona belum usai hingga saat ini masih berdampak dengan terhentinya kegiatan pembelajaran secara tatap muka di sekolah.

Hal tersebut memicu para guru untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh, dimana para guru harus mencari cara untuk mengembangkan pembelajaran yang kretaif dan inovatif, sehingga siswa tetap dapat belajar dari rumah dengan menyenangkan dan tidak membosankan.

Pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan media video pembelajaran merupakan salah satu alternatif pengganti kegiatan pembelajaran tatap muka yang dirasa sangat efektif.

Melalui program teacher sharing (berbagi guru), para guru SMP Astra Makmur Jaya sekolah binaan PT Letawa merupakan anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Grup Area Celebes di Desa Makmur Jaya, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar).

Program teacher sharing para guru SMP Astra Makmur Jaya tersebut dengan melakukan kegiatan pelatihan pembuatan video pembelajaran, tentunya dengan menerapakn protokol kesehatan (prokes) memakai masker dan menjaga jarak.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang Laburatorium TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sekolah dengan model teacher sharing diantara para guru, materi cara membuat power point (PPT) yang menarik serta struktur konten dari PPT dalam video pembelajaran disampaikan Jian Mayangsari.

Kemudian cara merekam video pembelajaran melalui PPT disampaikan olek Dadang Susanto, dan materi cara membuat redaksi kalimat untuk presentasi di PPT dalam video pembelajaran disampaikan oleh Wahyudi Nugroho.

Dalam pemaparannya, Jian Mayangsari menjelaskan tentang konsep membuat power point sebagai media pembelajaran yang inovatif dan interaktif.

“Pembuatan power point sebagai media pembelajaran agar dibuat semenarik mungkin,” kata Jian dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/2/2021).

Menurut dia, untuk pembuatan power point yang menarik, diperlukan materi yang menarik juga.

“Sebagai langkah awal dapat menyiapkan sebuah file power point yang tidak monoton, bisa ditambahkan dengan gambar atau animasi, warna yang menarik serta pemilihan transisi slide yang berbeda,” tutur Jian.

Sementara Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Astra Makmur Jaya, Adi Dasuki menyampaikan harapan semoga dengan kegiatan ini kompetensi guru di SMP Astra Makmur Jaya, khususnya dalam bidang pembuatan media pembelajaran yang interaktif menjadi meningkat dan dapat diimplementasikan pada saat pembelajaran online.

“Seluruh guru SMP Astra Makmur Jaya melalui kegiatan ini diharapkan dapat menuangkan ide-ide kreatifnya, salah satunya dengan memanfaatkan IT sebagai salah satu media pembelajaran,” paparnya.

Lanjut Dasuki, pembelajaran online bagi siswa dapat berjalan dengan baik, dan kita harus berani melakukan inovasi secara cepat, tepat sesuai dengan perkembangan zaman.

“Video pembelajaran yang sudah dibuat oleh para guru selanjutnya akan bagikan kepada siswa melalui group whatsap (WA) masing-masing guru dan juga akan di upload di youtube sehingga siswa bisa menonton kapan dan dimana saja,” imbuhnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya