Jalan Provinsi Sirampog-Bumijawa Tertutup Material Longsoran di Brebes

14 February 2021 02:01
Jalan Provinsi Sirampog-Bumijawa Tertutup Material Longsoran di Brebes
Longsoran tanah menimbun jalan raya provinsi Sirampog-Bumijawa di Dukuh Rembang, Desa Batursari, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. (Arief Faisal/Trans89.com)
.

BREBES, TRANS89.COM – Hujan lebat menyebabkan terjadinya tebing longsor, sehingga longsoran tanah menimbun jalan raya sekitar 20 meter dan lebar 8 meter serta jembatan Naruf berlubang dengan diameter 4 meter.

Kejadian itu terjadi di jalan raya provinsi di Dukuh Rembang, Desa Batursari, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (13/2/2021).

Kronologi kejadian, sekitar pukul 23.00 WIB hingga 07.00 WIB, di wilayah Desa Batursari dan sekitarnya turun hujan dengan intensitas tinggi.

Guyuran hujan yang deras kondisi tanah ditebing yang labil akibatkan bebatuan longsor menimbun jalan raya provinsi Bumijawa-Sirampog.

Derasnya air mengakibatkan jembatan Naruf sebelum tempat wisata Curug Cantel Sirampog terjadi berlubang dengan diameter 4 meter.

Kondisi lalulintas dari Sirampog-Bumijawa saat ini tidak dapat dilewati kendaraan roda empat maupun sepeda motor.

Pengawas Jalan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Jateng Ruas Wilayah Sirampog-Bumiayu, Supriyadi, mengatakan ada dua titik di jalan provinsi Bumijawa-Sirampog yang terdampak bencana alam.

“Pertama, jalan tertutup material longsoran, dan sebuah gorong-gorong jalan ambles. Keduanya berada di sekitar kawasan Wisata Curug Cantel Sirampog,” kata Sipriaydi.

Ia menyatakan, akibat dua kejadian tersebut jalan ditutup, sebab kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas.

“Bencana tanah longsor terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Di mana jalan tertutup material longsor berupa tanah yang bercampur dengan bebatuan, dan saat ini kita sedang mulai memindahkan material longsoran.

“10 personel pokmas sudah kami terjunkan ke lapangan. Untuk mempercepat pemindahan material longsoran, satu unit alat berat akan diterjunkan ke lokasi. Diperkirakan, siang hari nanti pemindahan material longsoran sudah selesai, yang akan dilanjutkan dengan memperbaiki gorong-gorong yang ambles,” pungkasnya. (Arief/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya