Panen Perdana Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok di Merangin

13 February 2021 01:51
Panen Perdana Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok di Merangin
Panen perdana budidaya ikan lele sistem bioflok Kelompok Budi Daya Ikan Mina Sinar Harapan oleh Bupati Merangin, Al Haris di kawasan kampung lele di Dusun II Sungai Kapas, Desa Pinang Merah, Kecamatan Pamenang Barat, Kabupaten Merangin, Jambi. (Tony Wijaya/Trans89.com)
.

MERANGIN, TRANS89.COM – Panen perdana budidaya ikan lele sistem bioflok Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Mina Sinar Harapan Desa Pinang Merah merupakan program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Panen perdana ikan lele tersebut dilakukan Bupati Merangin, Al Haris di kawasan kampung lele belakang rumah Dedi Winarsa di Dusun II Sungai Kapas, Desa Pinang Merah, Kecamatan Pamenang Barat, Kabupaten Merangin, Jambi, Jumat (12/2/2021).

Hadir di giat tersebut, Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan, Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan Merangin Damai, Wadanramil 420-09 Bangko Kapten Inf Ali Usman, Kapolsek Pamenang Iptu Fatkur Rohman, Camat Pamenang Barat Daryanto, dan Kepala Desa (Kades) Pinang Merah Arsyad.


Sambutan Ketua Pokdakan Sinar Harapan Desa Pinang Merah, Sumarna ucapkan terimakasih kepada tamu hadirin telah hadir panen perdana ikan lele Sinar Harapan Dusun II Desa Sei Kapas. Dan terimakasih atas bantuanya bibit ikan sebanyak 30.000 ekor dan 10 buah kolam bioflok.

“Dengan bantuan bibit ikan yang dibantu oleh Dinas Perikanan sehingga dapat membantu perekonomian warga masyarakat saat adanya wabah Covid-19,” ucapnya.

Kades Pinang Merah, Arsyad juga ucapkan terimakasih kepara hadirin dalam rangka panen perdana budi daya ikan lele bioflok Mina Sinar Harapan.

“Dengan adanya kelompok peternak ikan lele atas bantuan dari Bapak Bupati dan Kadis Perikan dapat membantu ekonomi masyarakat Desa Pinang Merah. Kami mohon arahan dari bapak Bupati Merangin demi majunya kelompok budi daya ikan yang ada di Desa Pinang Merah,” ujarnya.

Bupati Merangin, Al Haris berharap kepada kelompok budi daya ikan Mina Sinar Harapan untuk tetap fokus kepada kolam-kolam agar di urus dengan baik.

“Banyak manfaat lainnya selain dari pada ikan itu sendiri dan air limbah kolam tersebut dapat digunakan untuk pupuk tanaman seperti cabe, sawit dan lain sebagainya,” urai Haris.

Ia mengatakan, kita akan selalu mengimbau dan membantu desa yang wilayahnya jauh dari rawa atau sungai agar dapat bantuan kolam dan benih ikan.

“Kita berharap dengan adanya budidaya ikan ini akan memenuhi kebutuhan ikan khususnya di Kabupaten Merangin,” kata Haris.

Lanjut Haris, apapun kegiatan yang dilakukan ditengah masyarakat, utamakan keselamatan dan kesehatan.

“Tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) sehingga dapat mencegah penularan Covid-19,” imbuhnya. (Tony/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya