Karyawan PT Bakrie Metal Industries Desak Pembayaran Kekurangan Gaji, Ini Kata Manejemen

09 February 2021 16:25
Karyawan PT Bakrie Metal Industries Desak Pembayaran Kekurangan Gaji, Ini Kata Manejemen
Karyawan PT Bakrie Metal Industries unjuk rasa di kantor PT BMI Jalan Raya Kaliabang Bungur, Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat. (Rudi Damhuri Lubis/Trans89.com)
.

BEKASI, TRANS89.COM – Sejumlah karyawan PT Bakrie Metal Industries (BMI) dipimpin Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) PT BMI Nuzurul unjuk rasa di kantor PT BMI Jalan Raya Kaliabang Bungur, Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabra), Senin (8/2/2021).

Tuntutan karyawan, Nuzurul mengatakan agar pihak perusahaan segera membayarkan kekurangan gaji mereka, termasuk uang makan dan uang transport yang belum dibayarkan.

“Sejak bulan Mei 2020, karyawan hanya dibayar separuh gaji, dan untuk gaji bulan Januari 2021 sampai dengan saat ini belum dibayarkan,” kata Nuzurul.

Menurut dia, kami karyawan dari PT BMI dapatkan informasi bahwa terkait kekurangan gaji mereka termasuk uang makan dan uang transport serta gaji bulan Januari 2021 yang belum dibayarkan, akan dibayarkan pada Jumat 5 Februari 2021.

“Namun pada Jumat 5 Februari 2021, perusahaan libur, sedangkan PT BMI memiliki 112 orang karyawan yang terdiri dari eksekutif, staf dan pekerja, pihak PT BMI sudah meliburkan perusahaan sejak Rabu 3 Februari 2021,” tutur Nuzurul.

Selanjutnya para karyawan PT BMI yan lakukan aksi dengan cara duduk-duduk di sekitar masjid yang berada di dalam PT BMI sambil menunggu jawaban dari pihak manejemen PT BMI.

Kapolsek Metro Bekasi Utara, Kompol Chaled Thayib menemui pimpinan aksi, Nuzurul menyampaikan bahwa dalam aksi damai karyawan ini agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Selain itu, jangan sampai anarkis, dan permasalahan agar dikomunikasikan dengan pihak manajemen PT BMI bila mana belum ada titik temu, serta segera melayangkan surat pemberitahuan kepada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi terkait permasalahan ini,” paparnya.

Selanjutnya diadakan pertemuan antara karyawan dengan manejemen PT BMI di ruangan meeting dihadiri Kapolsek Metro Bekasi Utara Kompol Chaled Thayib, Manajer HRD PT BMI Hesti Hohayati, Kanit Intel Polsek Metro Bekasi Utara, AKP Patono, Kanit VI Satuan Intel Restro Bekasi Kota Iptu Edi Santoso, Nuzurul, Heri Manalu, Rohmat dan Babinsa Kelurahan Harapan JayaKoptu Mat Nur.

Dari hasil pertemuan itu, untuk permintaan uang pinjaman sebesar Rp1 juta per karyawan akan diberikan pada hari ini Senin 8 Februari 2021 dan paling lambat Selasa 9 Februari 2021.

Sedangkan untuk pembayaran gaji karyawan masih menunggu pembayaran tagihan pihak perusahaan ke rekanan kerja. (Rudi/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya