Detasemen Peralatan XIV-2 Parepare Layani Perbaikan Kendaraan 1×24 Jam Dalam Menunjang Pemulihan Bencana Gempa Sulbar

09 February 2021 02:50
Detasemen Peralatan XIV-2 Parepare Layani Perbaikan Kendaraan 1×24 Jam Dalam Menunjang Pemulihan Bencana Gempa Sulbar
Detasemen Peralatan XIV-2 Parepare, Kodam XIV Hasanuddin dibawah Komando Letkol Cpl Raden Kresna Effendy sangat berperan aktif dalam menangani kendaraan yang harus beroperasi setiap hari pada penanggulangan bencana Sulawesi Bafrat di Korem 142 Tatag Kabupaten Mamuju. (Sarwo Kartika Roni/Trans89.com)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Sebagian masyarakat mungkin belum memahami bahwa dibalik alutsista TNI Angkatan Darat (AD) yang saat ini beroperasi di Mamuju dan Majene dalam rangka menanggulangi percepatan pemulihan pasca bencana gempa bumi Sulawesi Barat pada bulan Januari lalu, besar perannya Satuan Peralatan TNI AD.

Awak media mencoba melirik aktivitas salah satu satuan yang berada di bawah kendali Korem 142 Tatag yang saat ini terlibat langsung dalam penanggulangan bencana alam di Sulawesi Barat, Senin (8/2/2021).

Detasemen Peralatan XIV-2 Parepare, Kodam XIV Hasanuddin dibawah Komando Letkol Cpl Raden Kresna Effendy sangat berperan aktif dalam menangani kendaraan yang harus beroperasi setiap hari pada penanggulangan bencana.

Betapa tidak, penggunaan alat berat tentunya harus ditunjang dengan kondisi yang baik pada alat berat itu sendiri untuk tetap beroperasi.

Raden Kresna Effendy mengatakan, salah satu tugas dan fungsi Detasemen Peralatan yang saat ini berada di Korem 142 Tatag, melakukan pengecekan dan perbaikan terhadap seluruh kendaraan dinas yang akan digunakan dalam kegiatan penanggulangan bencana gempa bumi di Sulawesi Barat.

“Seluruh alat berat maupun kendaraan dinas lainnya milik TNI AD, kami wajib melakukan pengecekan, agar senantiasa dalam kondisi siap pakai,” kata Raden Kresna alumni Akademi Militer (Akmil) 2000 ini.

Menurut dia, para penanggungjawab material TNI AD dalam penanggulangan bencana gempa bumi Mamuju dan Mejene wajib menyampaikan apabila alutsista yang digunakan mengalami kerusakan, agar segera dilakukan perbaikan.

“Kewajiban kami memperbaikinya apabila ada alutsista yang digunakan saat ini mengalami kerusakan, dan kami siap melayani 1×24 jam,” tutur Raden Kresna.

Ia menguraikan, tak kalah pentingnya yakni tugas dalam penyiapan material untuk mendukung pengamanan VVIP, salah satunya saat kunjungan Presiden RI ke Mamuju meninjau lokasi yang terdampak gempa bumi ini.

“Detasemen Peralatan wajib mengecek penyiapan kendaraan yang digunakan VVIP, baik type sedan dan jeep keras, pengecekan kendaraan dan melaksanakan test drive serta menyiapkan kendaraan pengawal VVIP,” pungkasnya. (Sarwo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya