Tanah Longsor di Pinrang, Akses Penghubung Antara Desa Terputus

07 February 2021 00:49
Tanah Longsor di Pinrang, Akses Penghubung Antara Desa Terputus
Jalan poros Desa Bakaru, Desa Karingo dan Desa Basseang, Kecamatan Lembang terjadi tanah longsor akibat intensitas curah hujan deras di wilayah pengunungan Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. (Slamet Untung Imam Santoso/Trans89.com)
.

PINRANG, TARNS89.COM – Jalan poros Desa Bakaru, Desa Karingo dan Desa Basseang, Kecamatan Lembang terjadi tanah longsor akibat intensitas curah hujan deras di wilayah pengunungan Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (6/2/2021).

Dari informamsi yang dihimpun, intensitas hujan deras sejak hari Jumat 5 Februari 2021 malam di wilayah Desa Bakaru, Desa Kariango dan Desa Basseang, Kecamatan Lembang, mengakibatkan terjadinya tanah longsong disebabkan tanah labil dan tidak mampu menampung debit air.

Adapun titik lokasi longsor, jalan poros Desa Bakaru-Desa Kariango tertimbun longsoran materian tanah yang menimpa jembatan gantung dan merupakan satu-satunya akses jalan penghubung antara Desa Bakaru dengan Desa Kariango, sehingga jembatan rusak berat serta tidak dapat di lalui kendaraan roda dua maupun pejalan kaki, akibatkan akses jalan warga terputus.

Jalan poros Desa Bakaru-Desa Basseang, longsor material tanah menimbun badan jalan yang juga satu-satunya penghubung ke dua desa tersebut, sehingga tidak bisa di lalui kendaraan roda empat dan dua, sehingga akses masyarakat juga terputus, akan tetapi dapat dilalui dengan berjalan kaki.

Hangga sampai saat ini, material tanah longsor masih menutup akses jalan poros Desa Bakaru, Desa Basseang dan Desa Bakaru ke Desa Kariango, sehingga tidak bisa dilalui.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, sementara Muspika Kecamatan Lembang berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU ) Kabupaten Pinrang untuk mendatangkan alat berat excavator guna membersihkan material longsor dan memperbaiki jembatan gantung yang merupakan satu-satunya penghubung Desa Bakaru dengan Desa Kariango. (Santoso/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya