Kementerian Pertahanan Rapat Rekonsiliasi Hibah Uang dan Barang Tahunan

07 February 2021 00:54
Kementerian Pertahanan Rapat Rekonsiliasi Hibah Uang dan Barang Tahunan
Puslapbinkuhan Kemhan RI laksanakan rapat rekonsiliasi hibah uang dan barang tahunan Kemhan dan TNI tahun 2020, berlangsung selama dua hari pada tanggal 4-5 Februari 2021 di Aula Puslapbinkuhan Kemhan di Jakarta. (Biro Humas Setjen Kemhan)
.

JAKARTA, TRANS89.COM – Pusat Pelaporan dan Pembinaan Keuangan Pertahanan (Puslapbinkuhan) Kementerian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia (RI) laksanakan rapat rekonsiliasi hibah uang dan barang tahunan Kemhan dan TNI tahun 2020, berlangsung selama dua hari pada tanggal 4-5 Februari 2021 di Aula Puslapbinkuhan Kemhan di Jakarta.

Kepala Puslapbinkuhan Kemhan, Laksma TNI Agus Supriadi, mengatakan rapat rekonsiliasi hibah, badan layanan umum (BLU) dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) tahunan Kemhan dan TNI ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan dan pemberian dana hibah entitas.

“Selain itu untuk memastikan laporan pertanggungjawaban entitas melalui laporan keuangan disusun dengan mekanisme yang baik,” kata Agus melalui keterangan tertulisnya.

Ia menjelaskan, untuk memperoleh data hibah yang akurat akuntabel diperlukan langkah-langkah, diantaranya melalui pemantauan terus menerus sebagai alat pendeteksi awal ‘early warning’ dan rekonsiliasi data hibah baik hibah di tahun anggaran berjalan (TAB) maupun tahun anggaran yang lalu (TAYL).

“Selain itu, disamping dana yang bersumber dari APBN, Satuan Kerja (Satker) juga dapat menerima dana diluar APBN, salah satunya adalah hibah langsung berbentuk uang maupun barang dari pemberi hibah,” jelas Agus.

Dirinya berharap kepara peserta agar bisa memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk melaksanakan rekonsiliasi data hibah maupun mendiskusikan hal-hal terkait curent issue.

“Hal ini dapat berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap pengelolaan hibah dilingkungan Kemhan dan TNI, demi terwujudnya laporan Kemhan dan TNI yang lebih berkualitas,” harap Agus.

Hadir di giat tersebut Kabid III Evlap Pus BMN Baranahan Kemhan, para pejabat badan perencanaan, logistik, keuangan jajaran unit organisasi Kemhan dan TNI, APIP Kemhan. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya