Akibat Gempa Bumi, 1.400 Rumah Rusak Berat di Mamuju Belum Termasuk Yang Roboh

06 February 2021 18:28
Akibat Gempa Bumi, 1.400 Rumah Rusak Berat di Mamuju Belum Termasuk Yang Roboh
Wakil Bupati Mamuju, Irwan SP Pababari ikuti rakor tahap transisi darurat pemulihan bencana Sulbar, berlangsung di tenda Posko Induk Kantor Gubernur Sulbar Jalan Abd Malik Pattana Endeng, Kabupaten Mamuju. (Dok. Dinas Komnifopers Sulbar)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Wakil Bupati Mamuju, Irwan SP Pababari ikuti rapat koordinasi (rakor) tahap transisi darurat pemulihan bencana, pasca ditetapkannya tanggap darurat gempa bumi magnitudo 6,2 Sulawesi Barat berakhir pada Kamis 4 Februari 2021.

Rakor tahap transisi darurat pemulihan bencana gempa Sulbar dipimpin Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar berlangsung di tenda Posko Induk Kantor Gubernur Sulbar Jalan Abd Malik Pattana Endeng, Kabupaten Mamuju, Jumat (5/2/2021).

Irwan menyampaikan, untuk saat ini peran penting berada di kelurahan, desa dan 3.000 relawan diharapkan untuk mensosialisasikan agar warga kembali kerumah.

“Terkait kebutuhan konsumsi, tenda, tikar, air minum, air bersih, dan penanganan listrik bukan menjadi persoalan ketika kita kembali ke rumah masing-masing,” papar Irwan melalui keterangan tertulisnya.

Menurut dia, yang perlu menjadi perhatian, tinggal yang perlu dihitung dari kami di Kabupaten Mamuju sebanyak kurang lebih 1.400 rumah yang rusak berat.

“Rumah rusak berat di Kabupaten Mamuju sekira 1.400 unit, sedangkan itu belum termasuk rumah yang roboh sama sekali,” tutur Irwan.

Ia menyatakan, memang yang sangat dibutuhkan adalah tenda untuk mereka (warga) bisa membuat hunian sementara di depan rumah masing-masing.

“Oleh karena itu, ini menjadi beban misi yang sama bagaimana mengurangi pengungsian dengan melakukan edukasi dan sosialisasi oleh relawan dan kita koordinir semua resources,” ujar Irwan.

Lanjut Irwan, diupayakan yang Insya Allah titik-titik pengungsian bagi warga terdampak gempa ini bisa berkurang.

“Kita bisa mengerucutkan titik-titik tempat pengungsian bagoi warga di tempat-tempat tertentu,” imbuhnya. (Adhy/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya