Kanit Binmas Polsek Duampanua Pantau Vaksinasi di RS Madising Pinrang

05 February 2021 02:08
Kanit Binmas Polsek Duampanua Pantau Vaksinasi di RS Madising Pinrang
Kanit Bimmas Polsek Duampanua, Iptu Muslih Arsyad dpantau pelaksanaan hari ketiga vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Madising di Jalan Trans Sulawesi Desa Bungi, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. (Adam Patonangi/Trans89.com)
.

PINRANG, TRANS89.COM – Kanit Bimmas Polsek Duampanua, Iptu Muslih Arsyad didampingi Bhabinkamtibmas Desa Bungi, Bripka A Muh Ramli P pantau pelaksanaan hari ketiga vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Madising di Jalan Trans Sulawesi Desa Bungi, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Vaksinasi bagi tenaga kesehatan (nakes) RS Madising, Puskesmas Bungi dan Lampa dihadiri Kepala RS Madising Bungi Nuryanti, Kepala Puskesmas Bungi Nyoman, Kepala Puskesmas Lampa Selvi, dan para nakes yang di vaksin, Kamis (4/2/2021).

Muslih Arsyad mengatakan, kami dari Polsek Duampanua pantau pelaksanaan vaksinasi bagi para nakes dari Puskesmas Lampa dan Bungi di RS Madising.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dibagi menjadi 4 tahapan yaitu pendaftaran dan verifikasi, skrinning apakan layak, tunda dan tidak layak, kemudian dilanjutkan penyuntikan vaksinasi dan observasi atau istirahat, pencatatan dan cetak kartu,” katanya.

Menurut dia, para peserta yang di vaksin dari nakes ini ikuti tahapan pemberian vaksin Covid-19 dengan pendaftaran dan verifikasi data identitas.

Kemudian lanjut Muslih, pemeriksaan skrinning untuk mendata secara detail mulai dari tensi, keluhan, penyakit bawahan, riwayat penyakit Covid-19, penyakit dalam tujuh hari terakhir seperti pilek, asma, batuk, wanita yang hamil atau menyusui bayi, dan penyakit lainnya.

“Jika lolos bisa lanjut ketahap berikutnya, yaitu penyuntikan vaksin, dan jika tidak lolos tidak bisa di lakukan penyuntikan vaksin,” urai Muslih.

Ia menyebutkan, usai dilakukan penyuntikan vaksin ke para nakes ini, dilakukan pencatatan keluhan, lalau istirahat selama 30 menit di ruangan yang telah di sediakan.

“Adapun jumlah nakes yang di vaksinasi Covid-19 pada hari ini sebanyak 52 orang, yakni nakes RS Madising sebanyak 24 orang, Puskesmas Bungi sebanya 18 orang, dan Puskesmas Lampa sebanyak 10 orang,” sebut Muslih.

Lanjut Muslih, program vaksinasi Covid-19 ini merupakan kebijakan pemerintah pusat guna mencegah penyebaran atau mengatasi pandemi Covid-19 menuju pemulihan kegiatan sosial dan ekonomi di tanah air.

“Selain itu, kami pihak aparat beri pengamanan ke para nakes yang ikuti vaksinasi di RS Madising sehingga berajalan lancar dan aman sesuai kita harapkan bersama dalam mensukseskan program pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19,” imbuhnya. (Adam/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya