Tanggul Jebol, Air Sungai Meluap Rendam Persawahan Warga di Jepara

01 February 2021 16:20
Tanggul Jebol, Air Sungai Meluap Rendam Persawahan Warga di Jepara
Curah hujan yang terjadi selama beberapa hari di wilayah Kabupaten Kudus dan Jepara menyebabkan luapan air sungai dan banjir merendam Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (Anto Zulyanto/Trans89.com)
.

JEPARA, TRANS89.COM – Curah hujan yang terjadi selama beberapa hari di wilayah Kabupaten Kudus dan Jepara menyebabkan luapan air sungai dan banjir merendam Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng), Senin (1/2/2021).

Peningkatan level air di sungai akibat intensitas curah hujan tinggi sehingga mengakibatkan sungai Kali Gelis di Dukuh Karangturi, Desa Goleng, Kecamatan Kaliwungu Kabupten Kudus mengalami tergerus menyebabkan tanggul sungai jebol dan mengalir kepemukiman warga sekitar hingga berdampak pada air yang menggenangi di wilayah Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, Jepara.

Pantauan dilapangan, jebolnya tanggul sungai Kali Gelis di Kabupaten Kudus berdampak banjur di Desa Dorang Kabupaten Jepara dengan menggenangi jalan RW 3 dengan ketinggian air berkisar 20 cm sampai 80 cm. Dan Jalan RW 2 dengan ketinggian air 30 cm hingga 90 cm.

Sekitar 20 hektar (ha) lahan persawahan di Desa Dorang terendam air dengan ketinggi 80 cm sampai 1 meter, sehingga dimungkinkan akan terjadi gagal panen pada tanaman padi berumur 2 bulan.

Hingga ssaat ini debit air masih terus naik namun belum masuk ke rumah warga dan belum ada yang mengungsi.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Arwin Nor Isdiyanto mengatakan banjir juga merendam ratusan rumah warga Desa Gedangan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara.

“Tapi ini yang Gedangan sudah mulai surut, yang Dorang masih lumayan tinggi. Kami juga sudah melakukan pendataan dan bantuan logistik juga sudah mulai dikirim. Tadi malam langsung dikirim karung untuk perbaikan tanggul,” katanya. (Anto/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya