Sejumlah Kawasan Terendam Banjir di Probolinggo

30 January 2021 04:14
Sejumlah Kawasan Terendam Banjir di Probolinggo
Hujan deras membuat sejumlah kawasan terendam banjir di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. (Adi Nugroho/Trans89.com)
.

PROBOLINGGO, TRANS89.COM – Hujan deras membuat sejumlah kawasan terendam banjir dan air menggenangi jalur nasional pantai utara (pantura) Probolinggo-Situbondo di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), Kamis (28/1/2021).

Pantuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, banjir akibatkan tersendatnya arus lalintas di sepanjang Jalan Raya Dringu, Gending, Jalan Deandels dan rumah warga yang tergenang di Dusun Grogol Desa Kalisalam Kecamatan Dringu dengan ketiggian air banjir di beberapa kelurahan sekitar 20 cm hingga 40 cm.

Salah seorang warga Arya mengatakan, banjir terjadi di sekitar Parsean, dan saat ini masih macet saja. Kalau banjirnya di Parsean sebelah timur.

“Parsean sendiri, air menggenangi jalan nasional pantura Probolinggo-Bali. Berasal dari areal persawahan yang ada di selatan jalan. Antrian kendaraan sampai daerah Kelurahan Wiroborang, Mayangan, Kota Probolinggo,” kata Arya.

Pihak BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi, menyatakan tercatat kurang lebih 30 hingga 60 rumah tergenang, kondisi ini disebabkan karena saluran air yang kurang memadai atau tersumbat sampah sehingga air meluap ketika hujan deras terjadi, dalam waktu yang cukup lama.

“Sejauh ini masyrakat sudah mengantisipasi kejadian ini dengan mengamankan barang-barang berharga di tempat yang lebih tinggi, serta menutup celah dimana air bisa berpotensi masuk ke dalam rumah mereka,” ujar Anggit.

Menurut dia, sekitar pukul 19.00 WIB, genangan berangsur-angsur surut namun arus lalin masih tersendat.

“Kami mengimbau masyarakat Kabupaten Probolinggo agar tetap mewaspadai saat hujan deras datang. Karena saat ini merupakan puncak musim hujan menurut informasi dari BMKG,” tutur Anggit.

Pantauan dilapangan, tidak ada korban jiwa, sementara wilayah yang tergenang banjir yakni Kelurahan Jati Kecamatan Mayangan sekitar 500 kepala keluarga (KK), Kelurahan Pakistaji Kecamatan Wonoasih 300 KK, Kampung Dok Kelurahan Mayangan Kecamatan Mayangan sekitar 500 KK, Kelurahan Sukoharjo Kecamatan Kanigaran 300 KK, serta terjadi pemadaman listrik di beberapa wilayah kota Kabupaten Probolinggo. (Adi/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya