Nurani Astra Terus Berupaya Hadir Berikan Bantuan Warga Korban Gempa Sulawesi Barat

29 January 2021 05:46
Nurani Astra Terus Berupaya Hadir Berikan Bantuan Warga Korban Gempa Sulawesi Barat
Nurani Astra Berbagi Untuk Negeri salurkan bantuan ke pengungsi di koordinir Siti Rahma Syaripuddin di belakang Stadion Manakarra Jalan Husni Thamrin jalur ke Sapota Rujab Bupati Mamuju, lorong belakang SD. (FB Siti Rahma Syaripuddin)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Data sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pertanggal 26 Januari 2021, mencatat total kerusakan dan kerugian akibat gempa magnitudo 6,2 di wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) mencapai Rp829,1 miliar yang berdampak pada jatuhnya korban jiwa serta kerusakan bangunan serta puluhan ribu orang mengungsi.

Salah satu perusahaan swasta yang memiliki jejaring anak usaha yang bergerak di berbagai sektor, yakni Astra Grup sejak awal pasca gempa Sulbar membantu pemerintah dalam penanganannya dengan membuat posko induk Nurani Astra Berbagi Untuk Negeri di Kabupaten Mamuju.

Seperti yang dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Kominfopers) Sulbar, Safaruddin saat mendampingi Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar pada Selasa 26 Januari 2021 menerima jajaran PT Astra Grup untuk melaporkan aktivitas yang telah dilakukan pasca gempa Sulbar.

“PT Astra Grup berpartisipasi membantu korban bencana alam di Sulbar, termasuk bantuan empat alat berat yang di operasikan di Ulumanda Kabupaten Majene, jalan Trans Sulawesi Mamuju-Majene,” kata Safaruddin melalui keterangan tertulisnya.

Safaruddin mengungkapkan, selain di Kabupaten Majene, Astra Grup juga menempatkan alat berat dan armada lainnya di kota Kabupaten Mamuju untuk membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan, Astra Grup juga berikan bantuan medis, sembako dan lainnya.

“Dengan adanya bantuan dari berbagai pihak ini dalam penanganan pasca bencana gempa Sulbar, semoga keadaan cepat pulih di Kabupate Majene dan Mamuju,” ungkapnya.

Sementara warga korban gempa pemilik akun faceebok (FB), messenger ke redaksi trans89.com sekitar pukul 16.00 WITA, Kamis 28 Januari 2021, kalau ada 20 kepala keluarga (kk) butuh kebutuhan bayi.

“Alamat kami di belakang Stadion Manakarra Jalan Husni Thamrin jalur ke Sapota rumah jabatan (Rujab) Bupati Mamuju, lorong belakang SD,” kata pemilik akun FB Siti Rahma Syaripuddin, Kamis (28/1/2021).

Selanjutnya redaksi trans89.com mencoba membantu warga tersebut dengan menghubungi Koordinator Posko Nurani Astra di Mamuju yang juga Administratur (ADM) PT Surya Raya Lestari (SRL) I dan II merupakan anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Grup Area Celebes, Muh Tugiran, dan pihak Astra Grup langsung meresponnya meminta alamat dan datanya.

Beberapa jam berselang, akun FB Siti Rahma Syaripuddin mengupload foto-foto bantuan dari Nurani Astra Berbagi Untuk Negeri di laman FB-nya.

“Alhamdulillah, terimakasih banyak untuk tim relawan dan donaturnya, semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT,” tulis Rahma di laman FB-nya.

Tugiran mengatakan Astra Grup menyalurkan bantuan melalui program Nurani Astra Berbagi Untuk Negeri sejak awal pasca gempa Sulbar.

“Nurani Astra menyalurkan berbagai bantuan seperti logistik sembako, obat-obatan sekaligus tenaga medis, termasuk mengerahkan alat berat dan dump truck serta lainnya untuk membantu pemerintah dalam penanganan pasca gempa ini,” katanya.

Lanjut Tugiran, kami terus berupaya membantu korban gempa semampu kami, baik itu di Kabupaten Majene maupun di Mamuju.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat korban bencana gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene,” imbuhnya. (Nis)

 

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya