Presiden Lantik Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

28 January 2021 02:36
Presiden Lantik Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri
Presiden Lantik Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri dengan menerapkan prokes yang ketat berlangsung di Istana Negara, Jakarta. (Dok. Humas Menseskab)
.

JAKARTA, TRANS89.COM – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis.

Pelantikan tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021)

Perwira lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 1991 itu dilantik melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5/Polri Tahun 2021, tentang pengangkatan Kapolri yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden.

Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pengangkatan Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri.

Listyo Sigit Prabowo diangkat melalui Keppres 7/Polri Tahun 2021, tentang kenaikan pangkat dalam golongan Perwira Tinggi Polri (Pati), yang dibacakan Sekretaris Militer Marsda TNI M Tony Harjono.

Jokowi kemudian memandu pembacaaan sumpah jabatan Listyo Sigit Prabowo.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata,” kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti Sigit.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sebelumnya meloloskan Listyo Sigit Prabowo Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Persetujuan itu diambil dalam rapat paripurna DPR RI

Persetujuan Sigit menjadi Kapolri diawali dengan pembacaan hasil fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi III DPR. Berdasarkan hasil fit and proper test, Komisi III menyetujui Komjen Sigit menjadi Kapolri.

Setelah diambil sumpahnya melalui Keppres 7/Polri Tahun 2021, tentang kenaikan pangkat menjadi Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kemudian menandatangani berita acara pengangkatan Kapolri. (Nis)

16 program prioritas Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo:
1. Penataan kelembagaan
2. Perubahan sistem dan metode organisasi
3. Menjadikan SDM Polri yang unggul di era Police 4.0
4. Perubahan tekhnologi kepolisian modern di era Police 4.0
5. Pemantapan kinerja pemeliharaan Kamtibmas
6. Peningkatan kinerja penegakan hukum
7. Pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19
8. Pemulihan ekonomi nasional
9. Menjamin keamanan program prioritas nasional
10. Penguatan penanganan konflik sosial
11. Peningkatan kualitas pelayanan publik Polri
12. Mewujudkan pelayanan publik Polri yang terintegrasi
13. Pemantapan komunikasi publik
14. Pengawasan pimpinan terhadap setiap kegiatan
15. Penguatan fungsi pengawasan
16. Pengawasan oleh masyarakat pencari keadilan (public complaint)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya