Astra Grup Sasar Pelosok Percepat Penanganan Pasca Gempa Sulawesi Barat

27 January 2021 12:32
Astra Grup Sasar Pelosok Percepat Penanganan Pasca Gempa Sulawesi Barat
Alat beras Astra Agro Lestari merupakan salah satu perusahaan Astra Grup bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit mengerahkan alat berat untuk bersihkan puing-puing reruntuhan bangunan pasca gempa Sulawesi Barat. (Dok. Dinas Kominfopers Sulbar)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Gempa bumi magnitudo 6,2 yang mengguncang Kabupaten Mamuju dan Majene Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), berdampak pada jatuhnya korban jiwa dan kerusakan bangunan serta puluhan ribu orang mengungsi.

Data sementara BNPB pertanggal 26 Januari 2021, mencatat total kerusakan dan kerugian akibat gempa tersebut mencapai Rp829,1 miliar. Total kerugian tersebut teridentifikasi untuk wilayah Kabupaten Mamuju dan Majene.

Sementara jajaran manejemen Astra Grup menyalurkan bantuan melalui program Nurani Astra berbagi untuk negeri sejak awal pasca gempa Sulbar telah membuat posko di Mamuju dan menyalurkan berbagai bantuan seperti logistik sembako, obat-obatan sekaligus tenaga medis, alat berat dan dump truck serta lain sebagainya.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar didampingi Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Kominfopers) Sulbar, Safaruddin menerima jajaran PT Astra Grup untuk melaporkan aktivitas yang telah dilakukan pasca gempa.

“PT Astra Grup berpartisipasi membantu korban bencana alam di Sulbar, termasuk bantuan empat alat berat yang di operasikan di Ulumanda Kabupaten Majene, jalan Trans Sulawesi Mamuju-Majene,” kata Safaruddin melalui keterangan tertulisnya, Selasa (26/1/2021).

Safaruddin mengungkapkan, selain di Kabupaten Majene, Astra Grup juga menempatkan alat berat dan armada lainnya di kota Kabupaten Mamuju untuk membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan.

“Selain itu, Astra Grup juga berikan bantuan medis, sembako dan lainnya. Dengan adanya bantuan dari berbagai pihak ini dalam penanganan pasca bencana gempa Sulbar, semoga keadaan cepat pulih di Kabupate Majene dan Mamuju,” ungkapnya.

Sebelumnya Astra Grup melalui program Nurani Astra menyalurkan berbagai bantuan tahap awal untuk masyarakat yang terdampak bencana gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat.

Bantuan itu melalui posko Nurani Astra yang telah didirikan di Mamuju dan dibantu oleh 26 tenaga sukarelawan dari Grup Astra sejak 16 Januari 2021, telah menyalurkan bantuan dan mengerahkan berbagai alat berat dan fasilitas transportasi lainnya guna membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan korban gempa di Sulawesi Barat.

Menurut Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah, mengatakan kami tidak hanya menyalurkan berbagai bantuan melalui posko Nurani Astra yang telah kami dirikan di Mamuju, tetapi Grup Astra juga mengerahkan berbagai alat berat dan fasilitas transportasi lainnya agar dapat membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan korban gempa.

“Semoga berbagai bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat korban bencana gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene,” katanya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya