Gubernur Sulawesi Barat Beri Semangat Warga Pengungsi di Stadion HS Mengga Polewali Mandar

25 January 2021 10:48
Gubernur Sulawesi Barat Beri Semangat Warga Pengungsi di Stadion HS Mengga Polewali Mandar
Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar meninjau posko induk pengungsian warga korban gempa di Stadion HS Mengga Kabupaten Polewali Mandar. (Dok. Dinas Kominfopers Sulbar)
.

POLEWALI MANDAR, TRANS89.COM – Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar mengunjungi pengungsi korban gempa berkekuatan magnitudo 6,2 yang mengguncang Kabupaten Majene dan Mamuju pada 15 Januari 2021 dini haru lalu.

Ali Baal Masdar melihat langsung kondisi warga di posko induk yang disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar (Polman) di Stadion HS Mengga, Minggu (24/1/2021).

Di tenda pengungsian, Gubernur Ali Baal Masdar berikan support kepada para pengungsi. Ia menyampaikan, jika kondisi sudah membaik dan aman, sebaiknya warga kembali ke rumah masing-masing, dan rumah -rumah yang rusak akan tetap dilakukan pendataan.

“Kita harus sabar dan tawakkal atas musibah yang kita hadapi bersama. Jika keadaan sudah aman, para pengungsi agar kembali ke rumah masing-masing,” kata Ali melalui keterangan tertulisnya.

Menurut dia, untuk memudahkan pendataan kerusakan akibat gempa, akan ada bantuan dari pemerintah terutama kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan, baik kerusakan berat, sedang dan ringan, jangan sampai tidak terdata.

“Bagi warga yang rumahnya rusak berat akan dibantu sebesar Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta dan rusak ringan Rp10 juta,” tutur Ali.

Untuk itu, kata gubernur, kalau kondisi sudah aman, sebaiknya kembali ke rumah, sehingga nantinya bisa didata.

“Di Kabupaten Majene dan Mamuju saat ini telah disiapkan tempat sementara untuk pengungsi sambil pelaksanaan pendataan dan menunggu perbaikan rumah,” katanya.

Salah satu pengungsi warga Malunda Kabupaten Majene di tenda pengungsian, kepada Gubernur Ali Baal Masdar menyampaikan, dari awal dirinya enggan untuk mengungsi.

“Namun karena istri saya merasa khawatir akan adanya gempa susulan dan mendesak untuk mengungsi, akhirnya saya bersedia mengungsi bersama istri dan anak saya di Stadio HS Mengga ini,” ujarnya.

Dirinyapun bersedia kembali ke rumahnya untuk membantu pemerintah dalam pendataan korban gempa kendati harus membuat tenda sementara di halaman rumahnya. (Adhy/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya