SMP Astra Makmur Jaya Binaan PT Letawa Edukasi Siswa Peduli Kemanusiaan Korban Gempa Sulawesi Barat

23 January 2021 09:35
SMP Astra Makmur Jaya Binaan PT Letawa Edukasi Siswa Peduli Kemanusiaan Korban Gempa Sulawesi Barat
Siswa dan guru SMP Astra Mamkmur Jaya berikan bantuan korban gempa Sulbar melalui program public contributtion dan pendistribusian bantuan melalui Nurani Astra berbagi untuk negeri. (Humas SMP AMJ)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Belum genap satu bulan memasuki tahun 2021, Indonesia telah dihadapkan pada banyak bencana alam. Salah satunya gempa bumi di Kabupaten Mamuju dan Majene.

Masyarakat Sulawesi Barat (Sulbar) dikagetkan oleh gempa awal magnitudo 5,9 terjadi pada 14 Januari 2021 pukul 14.35 Wita, disusul kemudian gempa magnitudo 6,2 pada 15 Januari 2021 pukul 02.28 Wita meluluhlantahkan bangunan gedung permrintah dan rumah warga di Kabupaten Mamuju dan Majene.

Banyak warga mengungsi ke posko-posko pengungsian yang dibangun pemerintah dan relawan, serta tak sedikit juga warga Kabupaten Mamuju dan Majene meninggalkan daerahnya untuk mencari tempat aman di berbagai daerah.

Kejadian yang memilukan ini langsung ditanggapi cepat SMP Astra Makmur Jaya (AMJ) merupakaan sekolah binaan PT Letawa anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Grup Area Celebes berkedudukan di Desa Makmur Jaya, Kecamatan Tike Raya, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Astra Makmur Jaya, Adi Dasuki langsung mengajak seluruh siswa dan guru untuk melakukan penggalangan bantuan melalui program public contributtion, yakni AMJ Peduli Informasi disebarkan oleh wali kelas melalui grup media sosial (medsos) masing-masing kelas.

“Kami turut berduka atas terjadinya bencana gempa bumi di Mamuju, Majene, dan sekitarnya,” kata Dasuki melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (23/1/2021).

Lanjut Dasuki, ucapan belasungkawa kami sampaikan kepada saudara-saudara kami yang meninggal dunia akibat bencana tersebut. Atas dasar kemanusiaan, dengan segera kami melakukan penggalangan bantuan.

“Peristiwa ini juga kami jadikan sebagai media edukasi siswa kami sebagai-bagian dari insan Astra Agro untuk peduli terhadap sesama,” ujar Dasuki.

Menurut dia, kami bangkitkan rasa simpati dan empati siswa dengan cara mengajak mereka turut serta berdonasi. Rasa peduli, simpati, empati,dan semangat berbagi siswa perlu dipupuk sejak usia dini.

“Hal ini selaras dengan salah satu isi Catur Dharma PT Astra Agro Lestari, yakni menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara,” tutur Dasuki.

Salah seorang siswa kelas VIII SMP Astra Makmur Jaya, Wibowo mengaku sangat bersyukur bisa ikut berkontribusi membantu korabn gempa di Mamuju dan Majene.

“Saya senang dan bersyukur bisa berkesempatan menyalurkan bantuan bagi korban bencana gempa bumi di Mamuju, Majene, dan sekitarnya. Semoga bantuan yang terkumpul dari seluruh keluarga besar SMP Astra Makmur Jaya bisa membantu meringankan beban korban gempa Sulbar,” ucap Wibowo.

Dari program AMJ Peduli untuk korban gempa Sulawesi Barat, kata Dasuki, berhasil terkumpul uang tunai sejumlah Rp3.589.000, 2 dus air mineral gelas, 15 kg beras, 1 kantong plastik besar makanan ringan, dan 27 bungkus mie instan.

Mamsih kata Dasuki, Uang tunai sejumlah Rp3.589.000 sudah dibelanjakan barang-barang kebutuhan 100 kg beras, 20 dus air mineral gelas, 2 dus minyak goreng, 2 dus sarden, 1 dus sabun mandi, 2 dus bubur bayi, 1 dus popok bayi, 2 dus pembalut wanita, dan 3 dus minuman ringan ukuran gelas.

“Barang-barang bantuan dari SMP Astra Makmur Jaya ini selanjutnya akan disalurkan melalui program Nurani Astra berbagi untuk negeri merupakan program kemanusiaan PT Astra Agro Lestari Tbk,” pungkasnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya