Astra Agro Menyalurkan Bantuan Untuk Masyarakat Terdampak Banjir di Kutai Timur

22 January 2021 09:44
Astra Agro Menyalurkan Bantuan Untuk Masyarakat Terdampak Banjir di Kutai Timur
PT Karyanusa Eka Daya dan PT Subur Abadi Plantations melalui program, 'Nurani Astra Berbagi Untuk Negeri', menyalurkan bantuan untuk masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Telen dan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. (Humas PT Astra Agro Lestari)
.

KUTAI TIMUR, TRANS89.COM – Banjir menggenangi sejumlah titik di wilayah kecamatan Muara Wahau dan kecamatan Telen pada tiga pekan awal tahun 2021 disebabkan curah hujan yang tinggi dan meluapnya sungai Wahau dan Telen.

Hal itu akibatkan banjir merendam pemukiman, perkebunan, merusak dan memutus beberapa akses masuk menuju pemukiman penduduk di desa-desa diseputaran kedua sungai, mulai dari sebatas betis orang dewasa bahkan hingga beberapa meter merendam sejumlah tempat tinggal awrga.

PT Karyanusa Eka Daya (KED) dan PT Subur Abadi Plantations (SAP) merupakan anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Area Borneo yang bergerak di bidang perkebunan sawit melalui program, ‘Nurani Astra Berbagi Untuk Negeri’, memperlihatkan kepeduliannya bergerak menyalurkan bantuan untuk masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Telen dan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur (Kaltim).

Banjir yang terjadi di dua kecamatan tersebut berdampak terhadap 1.502 kepala keluarga (KK) di 7 desa yang masuk kedalam 2 kecamatan, sehingga Nurani Astra bergerak cepat memberikan bantuan sembako guna meringkankan beban masyarakat yang terdampak banjir.

“Kami turut prihatin atas musibah yang terjadi, dan kiranya melalui bantuan ini dapat meringankan beban bapak dan ibu,” kata Administratur (ADM) PT SAP,¬† Dedy S Lubis melalui keterangan tertulisnya, Jumat (22/1/2021).

Sementara Community Development Manager Area (CDAM) PT AAL Area Borneo, Adhe Sigit menyatakan bantuan diserahkan oleh PT KED dan PT. SAP di lima desa di Kecamatan Muara Wahau yakni Desa Jakluay, Long Wehea, Dea Beq, Diaq Lay dan Bea Nehas, szemetara penyerahan bantuandi dua desa di Kecamatan Telen masing-mamsing Desa Marah Haloq dan Lung Melah.

“Tujuh desa tersebut merupakan yang paling terdampak banjir karena keberadaan mereka di tepian sungai Wahau dan sungai Telen yang merupakan tempat tinggal dan telah menjadi urat nadi perekonomian di daerah tersebut,” ujar Sigit.

Ia menjelaskan, PT KED dan PT SAP berikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir berupa 7,51 ton beras, 700 dus mie instan, 700 dus air mineral dan 350 kg gula pasir.

Seluruh bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada camat dan perwakilan tiap desa dengan disaksikan oleh Kapolsek Muara Wahau dan perwakilan Koramil Muara Wahau,” jelas Sigit.

PT KED dan PT SAP sendiri bekerjasama dengan Polsek dan Koramil Muara Wahau dalam pengiriman bantuan dan pengamanan penyaluran bantuan ke desa-desa terdampak banjir.

Ucapan terima kasih pada PT Astra Agro Lestari Tbk oleh Kapolsek Muara Wahau AKP Muhammad Yusuf serta Danramil Muara Wahau Kapten Muhammad Jabal atas bantuannya telah peduli kepada warga desa-desa lingkar perkebunan. Mereka berdua juga menginstruksikan pada anggotanya masing-masing untuk mengawal proses distribusi bantuan tersebut. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya