Lagi, Nurani Astra Hadir Bantu Korban Gempa Sulawesi Barat

20 January 2021 15:56
Lagi, Nurani Astra Hadir Bantu Korban Gempa Sulawesi Barat
Posko Nurani Astra menyalurkan bantuan dan berbagai peralatan dalam membantu korban gempa di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. (Humas Astra Grup)
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Perusahaan Astra Grup melalui program Nurani Astra menyalurkan berbagai bantuan tahap awal untuk masyarakat yang terdampak bencana gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat.

Bantuan itu melalui posko Nurani Astra yang telah didirikan di Mamuju dan dibantu oleh 26 tenaga sukarelawan dari Grup Astra sejak 16 Januari 2021, telah menyalurkan bantuan dan mengerahkan berbagai alat berat dan fasilitas transportasi lainnya guna membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan korban gempa di Sulawesi Barat.

Menurut Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah, mengatakan kami tidak hanya menyalurkan berbagai bantuan melalui posko Nurani Astra yang telah kami dirikan di Mamuju, tetapi Grup Astra juga mengerahkan berbagai alat berat dan fasilitas transportasi lainnya agar dapat membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan korban gempa.

“Semoga berbagai bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat korban bencana gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene,” tutur Riza melaluiketerangan tertulisnya, Rabu (20/1/2021).

Ia mengatakan, Astra menyalurkan bantuan melalui Koordinator Wilayah Grup Astra Makassar berupa 1.500 paket sembako dan kebutuhan logistik untuk korban gempa berupa genset, terpal, selimut, sembako, obat-obatan, perlengkapan kebersihan serta kebutuhan anak.

“Astra dan Yayasan Amaliah Astra juga menggalang donasi untuk membantu korban bencana Sulbar melalui rekening Nurani Astra,” kata Riza.

Dirinya menjelaskan, PT Astra Agro Lestari Tbk dan anak perusahaannya, yakni PT Letawa, PT Pasangkayu, PT Mamuang, dan PT Suryaraya Lestari 1 dan 2 yang bergerak di bidang perekbunan kelapa sawit berkedukan di Kabupaten Pasangkayu telah mengerahkan dua unit excavator PC200, dua unit dump truck, satu unit dozer D85, satu unit loader, satu unit ambulance, satu unit minibus, dan genset.

“Untuk Persatuan Istri Karyawan (Periska) PT Astra Agro Lestari juga menyalurkan berbagai bantuan berupa paket sembako, obat, peralatan bayi, dan 400 nasi kotak,” jelas Riza.

Riza juga menyatakan, PT United Tractors (UT) Tbk dan anak perusahaannya yakni PT Pamapersada Nusantara (Pama) disketor pertambangan, bergerak cepat sesaat setelah bencana terjadi dengan menurunkan dua unit alat berat excavator untuk membantu proses evakuasi korban gempa.

“UT dan Pama juga telah menyalurkan berbagai bantuan berupa satu truk paket sembako berisi 150 paket yang berisi beras 5 kg, air mineral, mi instan, vitamin, selimut, sarung, dan terpal bagi korban bencana di Mamuju,” ujar Riza.

Sambung Riza, Astra Motor Sulawesi Selatan (Sulsel) juga menyalurkan bantuan yang bersifat darurat untuk warga yang terdampak bencana.

“Bantua tersebut berupa sembako, genset, peralatan tidur, serta kebutuhan sehari-hari lainnya di posko pengungsian warga yang terdampak bencana gempa,” katanya.

Sementara PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang dikoordinasi oleh FIF GRUP cabang Palu merupakan anak usaha Astra Gruo menyalurkan paket sembako untuk masyarakat sekitar yang terkena dampak gempa.

“PT Serasi Logistik Indonesia juga menyediakan transportasi untuk mengangkut berbagai bantuan sembako ke posko Nurani Astra,” kata Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah melaluiketerangan tertulisnya, Rabu (20/1/2021).

Menurut dia, bencana alam di daerah lain yang melanda Indonesia, antara lain banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel), tanah longsor di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar), banjir, dan tanah longsor di Manado Sulawesi Utara.

“Juga disipak sejumlah paket sembako dan masker medis oleh Koordinator Wilayah Grup Astra Banjarmasin dan Koordinator Wilayah Grup Astra lainnya,” tutur Riza.

Ia menjelaskan, berbagai bantuan Astra untuk korban bencana alam tersebut sejalan dengan citac-ita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra.

“Jadi untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi Boy Kelana Soebroto Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Telp. 021-508-43-888,” jelas Riza.

Sekedar diketahui tentang Astra, PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk dalam rangka penawaran umum perdana saham perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham perseroan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari, Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi dan Energi, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi, dan Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 238 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 187.365 karyawan, berdasarkan data per Desember 2020.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik.

Astra juga senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, Riza menerangkan, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya.

“Program itu melalui tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau, dan Astra Untuk Indonesia Kreatif,” terangnya.

Riza membeberkan, Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki tahun kesebelas dan telah mengapresiasi 397 anak muda, yang terdiri dari 70 penerima tingkat nasional dan 327 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan PRESS RELEASE Teknologi.

“Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 116 Kampung Berseri Astra dan 753 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com, serta ikuti kegiatan Astra,” pungkasnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya