Gempa Kembali Guncang Majene Berkekuatan Magnitudo 4,2

19 January 2021 03:11
Gempa Kembali Guncang Majene Berkekuatan Magnitudo 4,2
Gempa dengan kekuatan magnitudo 4,2 kembali terjadi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat pada Senin 18 Januari 2021, pukul 12:11 WITA terasa hingga Kabupaten Mamuju. (Dok. BMKG)
.

MAJENE, TRANS89.COM – Gempa kembali terjadi di Kabupaten Majene Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) dengan kekuatan magnitudo 4,2 pada hari ini, Senin (18/1/2021). Gempa terjadi pada 12:11 WITA terasa hingga ke wilayah Kabupaten Mamuju.

Merujuk data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BKMG), pusat gempa berada di darat. Tepatnya di 16 kilometer timur laur Majene dengan kedalaman 10 kilometer. Titik gempa berada di 2.91 LS, 118.99 BT.

Gempa tersebut merupakan yang ke sekian kalinya terjadi di dekat wilayah Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat. Sebelumnya sempat terjadi gempa dengan kekuatan yang lebih besar.

Sebelumnya, gempa terjadi pada Kamis lalu (14/1) dengan magnitudo 5,9. Akibat gempa, tak sedikit bangunan yang hancur di Mamuju, termasuk gedung Pemprov Sulbar. puluhan sekolah rusak, begitupula dengan sejumlah fasilitas umum, listrikpun padam.

“Pusat gempa berada di darat 16 km timur laut Majene dengan kedalaman 10 km,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati melaluiketerangan tertulisnya, Senin (18/1/2021).

Menurut informasi tim relawan yang berada di Mamuju, kata Raditya, gempa dirasakan cukup kuat namun tidak sampai menimbulkan kepanikan.

“Belum ada laporan terkait dampak gempa susulan tersebut,” kata Raditya.

Sementara itu, BMKG memprakirakan, gempa susulan masih akan terjadi. Karena itu, BNPB mengimbau masyarakat tetap tenang dan selalu waspada terkait adanya potensi gempa susulan yang berkekuatan signifikan.

“BNPB juga mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan dengan tebing curam waspada terhadap longsoran dan reruntuhan batu,” ujar Raditya.

Selain itu, lanjut Raditya, bagi yang tinggal di kawasan pantai atau pesisir, diharapkan untuk selalu waspada dan segera menjauhi pantai jika merasakan gempa susulan.

“Kami mengingatkan masyarakat dapat mengikuti perkembangan informasi kegempaan melalui BMKG dan portal InaRisk untuk mengetahui potensi risiko bencana yang ada di sekitar tempat tinggalnya,” sambungnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya