Sepakatan Perangi Narkoba, FISIP UIN Ar-Raniry Jalin Kerjasama Dengan BNNP Aceh

15 January 2021 01:59
Sepakatan Perangi Narkoba, FISIP UIN Ar-Raniry Jalin Kerjasama Dengan BNNP Aceh
FISIP UIN Ar-Raniry Banda Aceh gelar pertemuan dengan BNNP Aceh, berlangsung di kantor BNNP di Lamcot, Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. (Aljawahir/Trans89.com)
.

BANDA ACEH, TRANS89.COM – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh gelar pertemuan dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, berlangsung di kantor BNNP di Lamcot, Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Kamis (14/1/2021).

Pertemuan kedua belak pihak guna membahas terkait permasalahan yang sedang marak terjadi, yaitu penyalahgunaan barang haram narkotika oleh generasi remaja saat ini.

Kepala BNNP Aceh, Brigjen Pol Heru Pranoto menyampaikan akan membangun komunikasi efektif dalam menghindari narkoba.

“Kami akan lakukan komunikasi baik di kampus, individu dan masyarakat dilakukan melalui sosialisasi, film pendek yang bersifat durasi pendek agar memahami bahaya narkoba,” paparnya.

Ia mengungkapkan akan menjalin komunikasi, motivasi regenerasi dan generasi muda, dan menjadi pilar utama dalam membasmi narkoba dengan membudayakan kearifan lokal serta membangun upaya action dalam Memorandum of Understanding (MoU), agar mampu menjabarkan materi BNNP Aceh.

“Kami BNNP Aceh sangat bangga dengan MoU dengan FISIP UIN Ar-Raniry, sekaligus tidak hanya FISIP semata, tapi hendaknya melibatkan fakultas lain dan elemen masyarakat,” ungkap Heru.

Dirinya juga menyambut baik penandatanganan kerjasama dengan FISIP, karena kegiatan ini sebagai langkah awal dalam peningkatan pencegahan narkotika di lingkungan kampus.

“Saya mengajak mahasiswa turut bersama pemerintah perangi melawan narkoba dengan cara melaksanakan hal hal kreatif dan ikut menyuarakan kepada mahasiswa lain serta masyarakat secara luas,” ujar Heru.

Menurut dia, sekarang posisinya harus terbalik, tidak sepenuhnya kami menyuarakan, tapi mahasiswa atau masyarakat yang harus menyuarakan untuk melawan narkoba.

“Untuk itu, saya berpesan kegiatan ini tidak hanya berhenti pada penandatangan kerjasama ini saja. Pihak FISIP juga dapat menindaklanjutinya dengan berbagai terobosan kegiatan yang positif dalam menyelamatkan anak bangsa,” tutur Heru.

Sementara Dekan FISIP UIN Ar-Raniry, Ernita Dewi, ucapkan terimakasih atas penerimaan dan perjanjian berupa MoU yang sudah terjalin ini.

“Saya berpandangan terkait proses yang akan berjalan ke depan melalui kerjasama harmonis dalam pencegahan narkoba, menjaga sinergitas dalam menjaga negara, bangsa dan generasi penerus dalam menjamin negara terhindar dari narkoba,” ucap Ernita.

Ia menjelaskan, penandatangan MoU antara FISIP dan BNNP Aceh merupakan hal positif yang patut diberikan apresiasi, karena komitmen menyatakan perang terhadap narkoba merupakan tugas seluruh elemen masyarakat termasuk kampus.

“Upaya pencegahan narkoba menjadi titik sentral yang sangat menentukan, dan itu harus didukung oleh civitas akademika termasuk para mahasiswa,” jelas Ernita.

Dirinya juga mengajak agar dapat mengambil bagian dalam upaya melakukan sosialisasi dan pendidikan berkelanjutan kepada masyarakat luas tentang bahaya narkoba, dan pentingnya masyarakat menjauhkan diri dari segala bentuk penggunaan narkoba.

“FISIP akan mendorong kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam melakukan sosialisasi anti narkoba, baik di lingkungan kampus maupun ditengah-tengah masyarakat,” ajak Ernita.

Lanjut Ernita, FISIP siap dengan agent pembaharuan untuk menjadikan kegiatan BNNP Aceh sebagai bagian dari pendidikan formal.

“Selain itu, FISIP akan menjadi formasi kehidupan bersama dengan satu tekad menjadikan ajang MoU sebagai soko guru kemajuan anak bangsa,” demikian Ernita.

Hadir di giat tersebut para Wakil Dekan, ketua Laboratorium, Prodi Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Pemerintahan, serta tamu undangan lainnya. (Alja/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya