Ini Agenda Gubernur Sulawesi Barat Kunjungan Kerja di Polewali Mandar

10 January 2021 02:31
Ini Agenda Gubernur Sulawesi Barat Kunjungan Kerja di Polewali Mandar
Kunjungan kerja Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar di wilayah Kabupaten Polewali Mandar. (Wahyu/Trans89.com)
.

POLEWALI MANDAR, TRANS89.COM – Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar kunjungan kerja (kunker) di wilayah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) didampingi Wakil Ketua DPRD Sulbar Usman Suhuriah, Kabinda Sulbar Bagus Suryo Nugroho, Kepala BNNP Sulbar Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto, Kepala BPN Sulbar Herjon CM Panggabean, Danlanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy, Dandim 1402 Polmas Letkol Arh Hari Purnomo, Sabtu (9/1/2021).

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar bersama rombongan memantau pengembangan tanaman kedelai dengan pola kemitraan dan pencanangan penanaman kedelai di lahan kering di Desa Tandung.

Ali ucapkan sekarang kita bersyukur karena sekarang disini bisa ditanami, karena ada musim hujan, kalau dulu hanya tempat kerbau saja.

“Tanaman yang bisa kita tanaman seperti bawang merah, walau saat ini masih kecil-kecil tetapi besok akan besar begitu pula dengan bawang Mandar,” ucap Ali.

Menurut dia, saat ini semua lahan harus dimanfaatkan jangan terbengkalai karena banyak bantuan masuk seperti kedelai, jagung dan padi.

“Untuk Kepala Dinas PU dan Pertanian, kerjasama yang baik, harus semua (program) jalan, supaya tidak banyak hama, kemudian kehutanan dengan pertanian kerjasama juga, supaya menghasilkan seperti tanaman ubi kayu, jagung dan kedelai,” tutur Ali.

Gubernur Sulbar bersama rombongan menuju Desa Tandasura, Kecamatan Limboro, mamantau pengembangan kambing berbasis agribisnis.

Kemudian Gubernur Sulbar bersama rombongan ke Desa Batulaya, Kecamatan Tinambung dalam rangka meninjau pembangunan taman budaya Buttu Cipping.

Selanjutnya Gubernur Sulbar bersama rombongan ke Desa Bonne-bonne, Kecamatan Mapilli laksanakan peninjauan lokasi padat karya produktif kelompok ternak sejahtera budidaya ayam petelur.

Sambutan Ketua Kelompok Tani Desa Bonne-bonne, Saharuddin mengatakan dDengan adanya program ini kami sangat terbantu sekali.

“Mudah-mudahan program ini masih terus berlanjut, begitu juga dengan kepemimpinan bapak Gubernur Sulbar dapat berlanjut kembali. Harapan kami selaku kelompok tani, jalan ini bisa diperbaiki kembali agar lebih mulus lagi,” katanya

Sementara Gubernur Sulbar, Ali menyampaikan di masa pandemi Covid-19 ini kita agak hati-hati dan kita akan tetap melanjutkan pembangunan kembali.

“Paket-paket (proyek) yang ada sama pemerintah adalah paket kesehatan untuk rumah sakit, kemudian paket kedua ekonomi seperti padat karya, semua paket anggaran sebanyak Rp20 miliar, sedangkan untuk paket ketiga adalah paket sosial sebanyak Rp4 miliar,” papar Ali.

Ia menjelaskan, selama pandemi Covid-19 kita pangkas-pangkas anggaran, Insya Allah nanti kita akan kasih pinjaman tanpa bunga. Dan masih banyak pembangunan yang nanti akan kita kerjakan.

“Untuk angkutan laut kita sudah membuka pelabuhan Silopo tujuan Sabah-Malaysia, Pilipina, dan Brunei Darussalam,” jela Ali.

Lanjut Ali, mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut di tahun 2021, dan berpesan di masa pandemi ini jaga jarak, pakai masker dan mencuci tangan.

“Saya harapkan apa yang kita buat pada hari ini mendapat balasan dari Allah SWT. Saya berpesan kepada masyarakat disini untuk selalu menjalankan sholat 5 waktu, kemudian jangan merokok dan jangan terlalu banyak makan dan minum kopi tanpa diimbangi dengan olahraga,” pesan Ali.

Gubernur Sulbar bersama rombongan melanjutkan kunker di Desa Pasiang, Kecamatan Matakali dalam rangka peresmian rehabilitasi drainase merupakan bantuan khusus keuangan tahun anggaran 2020 dan menyerahkan bantuan sembako kepada perwakilan masyarakat. (Wahyu/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya