Satgas Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Bentuk Tubuh Proporsional Pemuda Papua Dengan Olahraga Sparko Bremoro

05 January 2021 00:20
Satgas Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Bentuk Tubuh Proporsional Pemuda Papua Dengan Olahraga Sparko Bremoro
Satgas Pamtas Republik Indonesia-Papua Nugini, Yonif Mekanis Raider Mekanis Raider 413 Bremoro Pos Yetti bangkitkan semangat pemuda di Kampung Yetti, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua. (Pensatgas Pamtas Yonif 413 Mekanis Raider Kostrad)
.

KEEROM, TRANS89.COM – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG), Yonif Mekanis Raider Mekanis Raider 413 Bremoro Pos Yetti bangkitkan semangat pemuda di Kampung Yetti, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua.

Satgas Yonif Mekanis Raider 413 Bremoro lakukan kegiatan olahraga bagi kalangan pemuda Papua dengan membentuk postur badan yang ideal dan proporsional melalui olahraga Sparko Bremoro.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad, Mayor Inf Anggun Wuriyanto, mengatakan untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan imunitas di masa pandemi Covid-19 ini, dirinya perintahkan seluruh pos jajaran Satgas Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad untuk membuat sarana olahraga di dalam pos.

“Uniknya, di Pos Yetti para Prajurit membuat sarana olahraga ala sparko yang terbuat dari bahan alam dan memanfaatkan barang-barang bekas,” kata Anggun melalui rilis tertulisnya, Senin (4/1/2021).

Menurut dia, ternyata apa yang dilakukan anggota Pos Yetti pimpinan Lettu Inf Bagus Dwi Hartanto menarik minat bagi pemuda di sekitar pos.

“Para pemuda datang dan ikut bergabung dengan anggota membentuk postur tubuh menjadi lebih ideal dan proporsional,” tutur Anggun.

Sementara Bagus Dwi Hartanto menhyatakan pembuatan sarana olahraga tersebut merupakan ide dan gagasan anggota pos, dimana hampir seluruh prajuritnya berbadan ideal.

“Untuk menjaga postur tubuh anggota tetap ideal dan proporsional, kami buat sarana olahraga ala sparko seperti tiang pull up, angkat besi, tarik tali beban, dan tempat sit up, sehingga anggota lainnya bisa termotivasi untuk memiliki badan sixpack,” ujar Bagus.

Ia menjelaskan, olahraga ini kami sebut olahraga sparko bremoro, karena sebelum berangkat ke daerah operasi, kami juga sering berlatih di ruang fitness Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad, dimana perlengkapan tersebut merupakan bantuan dan dukungan dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

“Namun karena keterbatasan perlengkapan di daerah operasi, kami manfaatkan yang ada dengan memiliki fungsi yang sama untuk membuat tubuh menjadi proporsional,” jelas Bagus.

Salah seorang anggota Pos Yetti yang memiliki badan proporsional, yakni Serka Irwan. Pria yang merangkap sebagai wakil komandan Pos Yetti ini begitu memotivasi para pemuda dengan cara dan metode kepelatihan yang begitu profesional.

“Semoga dari latihan bersama ini, badan saya bisa seperti Abang Irwan yang begitu bagus dan sempurna. Terima kasih abang-abang atas kesediaannya melatih kami dengan sabar,” terang Stevanus Yoku (19), salah satu pemuda yang tergabung dalam pelatihan sparko bremoro. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya