Kisruh Karang Taruna Polewali Mandar, Kepengurusan Belum Berakhir Malah Dipersiapkan Pelantikan Pengurus Baru

04 January 2021 08:44
Kisruh Karang Taruna Polewali Mandar, Kepengurusan Belum Berakhir Malah Dipersiapkan Pelantikan Pengurus Baru
Spanduk persiapan pelantikan pengurus Karang Taruna Kabupaten Polewali Mandar masa bakti periode 2021-2026. (Akun FB Samad Amad)
.

POLEWALI MANDAR, TRANS89.COM – Kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), seyogyanya berakhir di tahun 2024.

Hal itu berdasarkan keputusan Bupati Polewali Mandar (Polman) nomor 786 tahun 2019, tentang penetapan pengurus Karang Taruna Indonesia (KTI) Kabupaten Polman, masa bakti periode 2019-2024.

Surat keputusan Bupati Polman tentang penetapan pengurus Karang Taruna Indonesia Kaupaten Polman tersebut ditetapkan di Polewali pertanggal 18 November 2019, oleh Bupati Polman tertanda (ttd) Andi Ibrahim Masdar, dan ditandatangani berdasarkan salinan sesuai aslinya di Polewali 18 November 2019, oleh Kepala Bagian Hukum dan Perundang-undangan, Rijalul Gaib.

Dalam keputusan Bupati Polman tentang penetapan pengurus Karang Taruna Indonesia Kabupaten Polman, masa bakti periode 2019-2024, sebagai Ketua Fariduddin Wahid, Sekretaris Lukmanul Hakim, dan Bendahara Muh Jupri Mahmud.

Namun kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Polman untuk masa bakti periode 2019-2024, kemungkinan akan berakhir di awal tahun 2021 ini, walau masih tersisa tiga tahun masa periodenya.

Pasalnya, akun facebook (FB) Samad Amad, Minggu 3 Januari 2021, menggunggah di media sosial (medsos) FB-nya gambar spanduk persiapan pelantikan pengurus Karang Taruna Kabupaten Polman masa bakti periode 2021-2026.

Akun FB Samad Amad menyertakan caption (sebuah pesan) bertuliskan, “persiapan pengukuhan Karang Taruna Kabupaten Polewali Mandar, diruang pola kantor Bupati Polewali Mandar”.

Sementara gambar spanduk bertuliskan, ‘pengukuhan pengurus Karang Taruna Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat, periode 2021-2026, saatnya Karang Taruna bangkit mewujudkan Polman maju, rakyat sejahtera dan Polman jago’. Polewali 4 Januari 2020 (bukan 2021).

Dihubungi melalui whatsapp (WA) Ketua Karang Taruna Indonesia Kabupaten Polman, Fariduddin Wahid, mengatakan kalau ia juga tidak mengetahui perihal akan adanya pelantikan kepengurusan baru Karang Taruna Kabupaten Polman, karena masa bakti kepengurusannya hingga tahu 2024.

“Luar biasa, tidak ada tanda-tanda (pemberitahuan) langsung ada info kalau akan ada pelantikan kepengurusan baru Karang Taruna Polman,” kata Farid yang saat ini juga sebagai anggota DPRD Polman, Minggu (3/1/2020) malam.

Menurut dia, dalam berorganisasi di Karang Taruna Indonesia ada aturan organisasi, yakni pedoman dasar (PD) yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Sosial (Permensos) RI.

“Mulailah dari niat yang baik, lalu ikuti aturan main organisasi (PD) yang diatur dalam Permensos. Langkah teman-teman atraktif diluar kaidah organisasi. Bagaimana caranya menggelar temu karya luar biasa (TKLB), itu bukan pengurus (Karang Taruna),” tutur Farid.

Ia meminta kepada panitia yang akan melaksanakan pelantikan pengurus Karang Taruna Polman periode 2021-2026, agar Bupati Polman jangan diseret-seret (dilibatkan) seperti ini.

“Tolong sampaikan sama teman-teman (panitia), janganki seret-seret Bupati untuk (menjadi) otoriter, kasian Bupati kita. Ada di Permensos tata cara TKLB, ini paten,” terang Farid.

Sebelumnya, Farid menyatakan kalau dirinya sempat chatting (berhubungan) melalui aplikasi WA dengan Ketua Panitia terkait persiapan pengukuhan pengurus Karang Taruna Kabupaten Polman periode 2021-2026.

“Waalaikumsalam, begini sahabat KT (ketua), kepengurusan (Karang Taruna) saat ini berdasarkan pada SK (surat keputusan) Bupati untuk periode 2019-2024. Ini bisa ganti (kepengurusan) berdasarkan Temu Karya Luar Biasa (TKLB) yang laksanakan oleh pengurus dan disetuju 2/3 pengurus kecamatan,” ujar Farid.

Lanjut Farid mengungkapkan, kita berorganisasi ada aturannya dalam KT (Karang Taruna), disebut pedoman dasar sesuai Permensos nomor 77 tahun 2010.

“Temu karya yang dilaksanakan diluar kaidah organisasi, dan itu melanggar aturan pedoman dasar berdasarkan Permensos nomor 77 tahun 2010, tentang organisasi Karang Taruna Indonesia,” ungkapnya. (Nis)

Keputusan Bupati Polman nomor 786 tahun 2019, tentang penetapan pengurus Karang Taruna Indonesia Kabupaten Polman periode 2019-2024:

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya