Dandim 1427 Pasangkayu Pimpin Upacara Awal Tahun Baru Bacakan Amanat Pangdam XIV Hasanuddin

04 January 2021 16:18
Dandim 1427 Pasangkayu Pimpin Upacara Awal Tahun Baru Bacakan Amanat Pangdam XIV Hasanuddin
Dandim 1427 Pasagkayu, Letkol Inf Novyaldi pimpin upacara bendera minggu pertama bulan Januari tahun 2021, berlangsung di lapangan Makodim 1427 Pasangkayu Jalan Dewi Sartika Kabupaten Pasangkayu, Sulbar. (Ocha Cz/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Dandim 1427 Pasagkayu, Letkol Inf Novyaldi pimpin upacara bendera minggu pertama bulan Januari tahun 2021, berlangsung di lapangan Makodim 1427 Pasangkayu Jalan Dewi Sartika Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (4/1/2021).

Hadir di giat tersebut Danramil 03 Bambaloka Kapten Inf Bongga Failin, Danramil 02 Randomayang Kapten Inf Ismail, Pasi Log Kodim 1427 Pasangkayu Kapten Inf Muh Barki, Pasi Ter Kodim 1427 Pasangkayu Kapten Inf Hasan, Pasi Pers Lettu Inf Abdul Malik, Passandi Kodim 1427 Pasangkayu Letda Inf Yonderson Taawe, dan para personel staf Kodim 1427 Pasangkayu.

Amanat Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangeruka dibacakan Dandim 1427 Pasangkayu, Letkol Inf Novyaldy, ucapakan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita dapat mengikuti upacara bendera minggu pertama bulan Januari Tahun 2021.

“Mengawali amanat saya, kiranya belum terlambat ucapkan selamat hari natal kepada prajurit dan pegawai negeri sipil (PNS) yang merayakannya dan selamat tahun baru 2021,” ucap Novyaldy.

Menurut dia, upacara bendera kali ini akan beberapa informasi dan atensi sesuai bidang untuk dijadikan acuan serta pedoman dalam mengoptimalkan tugas-tugas yang akan datang, seperti bidang inspektorat.

“Tanggal 28 hingga 30 Desember 2020 lalu, Itdam XIV Hasanuddin selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Kodam XIV/Hasanuddin, telah melaksanakan kegiatan kemah wabku dalam rangka pengecekan dan perbaikan wabku Satuan Tugas Gabungan Terpadu (Satgasgabpad) Covid-19 tahun 2020,” tutur Novyaldy.

Ia berharap para Asisten, Kabalak dan Dansat terkait, agar mempedomani arahan dan petunjuk dari Tim Itdam XIV Hasanuddin, sehingga Wabku Satgasgabpad Covid-19 dapat transparan dan akuntabel guna mendukung reformasi birokrasi di lingkungan Kodam dipertanggungjawabkan,” Novyaldi.

“Termasuk di Bidang Intelijen, dalam rangka mengantisipasi cuaca yang wilayah relatif ekstrim di Kodam XIV/Hasanuddin, maka perlu dilaksanakan upaya pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya kerugian personel dan materi,” harap Novyaldy.

Untuk itu, kata Novyaldy kepada seluruh warga Kodam XIV Hasanuddin agar memedomani prosedur tetap (protap) satuan dalam menghadapi bencana alam sesuai dengan kondisi dan dinamika perkembangan di wilayah masing-masing.

“Para pimpinan satuan agar menekankan dengan mengutamakan seluruh anggotanya untuk faktor keamanan dan mengambil serta berkoordinasi dengan instansi lain terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam,” katanya.

Dirinya menyebutkan, di Bidang Operasi, sehubungan dengan program tahun 2020, maka sambil menunggu turunnya Petunjuk Pelaksanaan Program Anggaran (PPPA) TNI Angaktan Darat (AD) Bidang Operasi dan Latihan tahun 2021.

“Para Dansat/Kabalak agar ST Pangdam ST/2652/2020 tanggal 21 Desember 2020, tentang perintah untuk melaksanakan program berakhirnya, untuk memedomani nomor latihan Triwulan I tahun 2021,” sebut Novyaldy.

Termasuk di Bidang Personel, Novyaldy menyatakan, sampai saat ini, masih terdapat satuan yang belum mengirimkan personelnya untuk mengikuti pendidikan intelijen dan sandi TNI AD 2021.

“Sehubungan dengan itu, para pejabat personel di masing-masing satuan, agar segera mengusulkan personelnya yang memenuhi syarat mengikuti pendidikan tersebut,” ujarnya.

Novyaldy juga menerangkan untuk Bidang Logistik, beberapa bulan yang lalu, telah terjadi kebakaran di kompleks perumahan TNI AD di Asrama Mattoangin Jalan Cendrawasih yang disebabkan oleh arus pendek istrik (korsleting), sehingga guna mengantisipasi hal terulang kembali, maka ditekankan adanya kejadian tersebut agar seluruh penghuni rumah dinas memastikan instalasi listrik di rumah masing-masing layak untuk digunakan.

“Dilarang keras melakukan sambungan listrik secara ilegal. Sampai saat ini masih ditemukan adanya penatausahaan hibah barang/jasa di satuan jajaran Kodam XIV Hasanuddin yang belum sesuai dengan aturan. Saya tekankan kembali kepada para Komandan Kepala Satker untuk pembuatan tim pengkaji penerimaan melibatkan personel dari Slogdam XIV hibah barang jasa, agar Hasanuddin dan Zidam XIV Hasanuddin,” terangnya.

Novyaldy juga mengungkapkan, Bidang Teritorial, pada Minggu 11 Januari 2021, akan dilaksanakan paparan oleh para Dandim selaku Dansatgas TMMD ke-110, 111 dan 112 tahun 2021 melalui video conference (vicon) yang akan sipimpin oleh Aster Kasad selaku Pati Bidang Perencanaan PJO TMMD, dan kepada para Dandim yang akan menyelenggarakan TMMD, agar mempersiapkan paparan terkait dengan aspek output dan outcome pada pelaksanaan sasaran fisik maupun non fisik.

“Selain itu, dengan selesainya pilkada serentak pada tanggal 9 Desember yang lalu, saya ucapkan terima kasih serta apresiasi kepada seluruh prajurit serta PNNS Kodam XIV Hasanuddin yang telah mengawal pelaksanaan pilkada dalam keadaan aman dan lancar serta tidak ditemukan adanya pelanggaran terkait netralitas TNI,” ungkapnya.

Lanjut Novyaldy, di Bidang Perencanaan, dengan berakhirnya tahun 2020, maka masing-masing melaporkan sisa anggaran tahun 2020 pada kesempatan pertama, karena DIPA tahun 2021 telah diterbitkan. Untuk itu, laksanakan pengecekan kembali lembar Kertas Kerja Satker (KKS) masing-masing dan mereview kembali DIPA petikan secara intern Satker, guna memastikan semua anggaran kegiatan TA 2021 sudah terdukung dalam DIPA.

“Penarikan Dana (RPD), apabila masih terdapat anggaran yang belum terdukung dalam DIPA petikan, segera ajukan revisi ke masing-masing kesempatan pertama. Segera buat rencana kegiatan pada kesempatan pertama,” pungkaksnya. (Ocha/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya