Jelang Ibadah Natal di Mamasa, Kapolsek Sumarorong Bersama Jajaran Pantau Prokes di Gereja

25 December 2020 00:06
Jelang Ibadah Natal di Mamasa, Kapolsek Sumarorong Bersama Jajaran Pantau Prokes di Gereja
Kapolsek Sumarorong, Iptu Hendrik bersama jajarannya pantau persiapan perayaan ibadah natal di beberapa gereja diwilayah hukumnya di Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa, Sulbar. (Andi Waris Tala/Trans89.com)
.

MAMASA, TRANS89.COM – Segenap Ummat Nasrani sedunia, pada tanggal 25 Desember 2020 serentak mengikuti ibadah perayaan natal umum seperti biasanya.

Namun Suasana natal tahun 2020 ini sangat berbeda dengan perayaan natal sebelumnya, dimana perayaan natal kali ini hanya di laksanakan sekali saja setahun tanggal 25 Desember 2020 (besok).

Hal itu dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang semakin memprihatinkan, membuat beberapa jenis ibadah perayaan natal ditiadakan. Seperti ibadah natal Persekutuan Kaum Bapa (PKB), perayaan natal per GTM, Karegorial dan natal sekolah Minggu dan remaja, semua ditiadakan.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 aleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar).

Olehnya itu, dalam rangka persiapan ibadah natal, 25 Desember 2020 (besok), Kapolsek Sumarorong Iptu Hendrik bersama jajarannya turun lapangan memantau langsung persiapan ibadah natal.

Hendrik mengatakan, pihaknya (polsek) turun Langsung untuk memastikan sejauh mana kesadaran masyarakat dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

“Alhasil, persiapan natal di beberapa gereja di wilayah hukum Polsek Sumarorong benar-benar telah mempersiapkan diri menyambut perayaan natal dengan menerapkan aturan protokol kesehatan (prokes),” kata Hendrik.

Ia mencontohkan salah satu gereja, yakni Gereja Jemaat Sumarorong, hasil pantauan personil Polsek Sumarorong yang dipimpinnya nampak telah memenuhi syarat aturan prokes.

“Kursi yang ada di sekeliling gedung maupun didalam gedung telah di atur sesuai jarak yang ditentukan,” terang Hendrik.

Menurut dia, selain kursi diatur sesuai jarak, panitia perayaan natal Gereja Jemaat Sumarorong juga menyediakan galon air dan sabun buat cuci tangan.

“Olehnya itu, saya ucapan terima kasih karena dengan kesadaran segenap masyarakat, yakin corona dapat berlalu tanpa menimbulkan pelanggaran prokes Covid-19 yang telah ditentukan sesuai aturan pemerintah,” tutur Hendrik.

Dirinya menyebutkan, pemantauan seluruh rumah ibadah (gereja) oleh Polsek Sumarorong berdasarkan perintah pimpinan, agar seluruh Ummat Kristiani yang akan merayakan natal merasa aman dan tidak panik terhadap pandemi Covid-19 yang semakin mewabah.

“Jika bukan dari kesadaran masing-masing orang, maka Covid-19 ini akan menjadi pembunuh yang nyata,” sebut Hendrik.

Olehnya itu, Hendrik berharap sebelum dan sesudah natal 2020 ini, seluruh masyarakat khususnya masyarakat yang berdomisili di wilayah hukum Polsek Sumarorong, agar tetap mawas diri dengan cara taat terhadap aturan yang ada.

“Sekedar diketahui, bahwa pantauan dibeberapa gereja, seperti Gereja Jemaat Tongkonan Layuk Sasakan, Gereja Muzafir, Gereja Sion Rantekamase dan lainnya, sesuai pemantauan Polsek Sumaorong telah menjalankan aturan prokes Covid-19 menjelang ibadah natal besok, 25 Desember 2020,” ujar Hendrik.

Selain menantau persiapan natal, dirinya juga melakukan sosialisasi menjelang natal dan pergantian tahun 2020-2021.

“Kami turun lapangan untuk mensosialisasikan Maklumat Kapolri nomor Mak/4/XII/2020, dimana Maklumat Kapolri yang Dikeluarkan pada tanggal 23 Desember 2020,” beber Hendrik

Maklumat Kapolri itu, lanjt Hendrik, tidak diperbolehkan mengadakan pertemuan yang mengundang banyak orang, seperti perayaan natal dan acara keagamaan diluar rumah ibadah, pesta pergantian rahun, arak arakan, pawai dan karnaval, serta pesta menyalakan kembang api.

“Maklumat Kapolri tersebut dimaksudkan agar keamanan dan ketertiban masyarakat dapat tercipta sesuai harapan. Namun tak kalah pentingya Maklumat Kapolri, agar masyarakat terhindar dari penyebaran virus corona yang mewabah di tanah air. Selamat Natal 25 Desember 2020, dan selamat menyongsong tahun baru 2021,” ucapnya. (AWT/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya