Jelang Pengamanan Pilkada, 4.000 Personil Polda Banten Akan Bertugas Jalani Rapid Test

08 December 2020 02:01
Jelang Pengamanan Pilkada, 4.000 Personil Polda Banten Akan Bertugas Jalani Rapid Test
Sekitar 4.000 personel Polda Banten jalani rapid test yang akan diterjunkan ke daerah untuk melakukan pengamanan pilkada serentak 2020 di wilayah provinsi Banten. (Humas Polda Banten)
.

SERANG, TRANS89.COM – Polda Banten laksanaan rapid test kepada personel yang melaksanakan pengamanan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020.

Dalam kesempatan itu, hampir 4.000 personel akan diterjunkan ke daerah untuk melakukan pengamanan pilkada serentak 2020 di wilayah provinsi Banten.

Usai gelar pasukan, Polda Banten langsung mengerahkan personelnya untuk menjalani rapid test Covid-19. Hal itu guna mengantisipasi penyebaran wabah saat melaksanakan tugas pengamanan.

Kapolda Banten, Irjen Pol Fiandar mengatakan, selama tiga hari pasukannya akan melakukan pengamanan pilkada di masing-masing wilayah.

“Untuk memastikan pilkada berjalan dengan lancar dan tanpa kendala, kami menerjunkan hampir 4.000 personel di lapangan,” kata Fiandar di Mapolda Banten, Kota Serang, Senin (7/12/2020).

Menurut dia, Polda Banten juga sudah berkoordinasi dengan masing-masing penyelenggara pilkada guna mengantisipasi kendala yang terjadi di lapangan, terlebih saat ini tengah musim hujan.

“Hal prinsip yang ditanamkan kepada personel adalah menjaga netralitas aparat kepolisian. Hal itu telah ditekankan Polri untuk dipertahankan,” tutur Fiandar.

Kabiddokkes Polda Banten, Kombes I Gusti Gede M Andika mewajibkan agar seluruh personel yang akan melakukan pengamanan untuk menjalani rapid test.

“Rapid test dilaksanakan di gedung serba guna Mapolda Banten. Sementara untuk pasukan Brimob rapid test dilakukan di markasnya,” ujar Gusti.

Ia berharap, agar hasil rapid test ini seluruh personel dinyatakan non reaktif, meski ada yang reaktif, pihaknya langsung mengganti personel.

“Akan kita isolasi sesuai arahan Kapolri dan Kapolda di RS Bhayangkara,” ujar Gusti.

Dirinya menjelaskan, para personel di lapangan telah dibekali dengan masker handsanitezer, serta vitamin.

“Setelah melaksanakan tugas pengamanan di lapangan, para personel kembali akan dikumpulkan untuk melaksanakan rapid test ulang,” jelas Gusti.

Terpisah, Kabid Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi mengimbau kepada personel Polda Banten yang bertugas di pengamanan pilkada agar menjalankan tugas dengan baik.

“Selama melakukan pengamanan pilkada, saya mengimbau kepada personel yang bertugas agar memperhatikan protokol kesehatan. Lakukan tugas yang baik dan benar. Mari kita bersinergi dengan rekan-rekan kita TNI dalam melakukan pengamanan pilkada,” tutupnya. (Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya