SBMI Tegal Unjuk Rasa di PT PJS Pemalang Terkait Dugaan Sisa Gaji Belum Terbayarkan

05 December 2020 00:50
SBMI Tegal Unjuk Rasa di PT PJS Pemalang Terkait Dugaan Sisa Gaji Belum Terbayarkan
SBMI Kabupaten Tegal unjuk rasa terkait ketidakjelasan pembayaran sisa gaji para ABK yang berangkat melalui PT PJS, berlangsung di Desa Lawangrejo Kabupaten Pemalang, Jateng. (Arif Faisa/Trans89.com)
.

PEMALANG, TRANS89.COM – Massa dari dari Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Kabupaten Tegal unjuk rasa terkait ketidakjelasan pembayaran sisa gaji para anak buah kapal (ABK) yang berangkat melalui PT Puncak Jaya Samudra (PJS) Kabupaten Pemalang.

Aksi SBMI Kabupate Tegal dipimpin Zaenuddin berlangsung di Desa Lawangrejo Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (4/12/2020).

Massa aksi berangkat dari Desa Demangharjo, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal menuju ke PT Puncak Jaya Samudra di Kabupaten Pemalang.

Setibanya massa aksi depan PT Puncak Jaya Samudra Kabupaten Pemalang, massa di temui Kasat Intelkam Polres Pemalang, AKP Amin Mezzi, mengatakan kepada para pengunjukrasa agar segera membubarkan diri, karena tidak ada pemberitahuan aksi ke Polres Pemalang.

“Korlap SBMI Tegal agar berkoordinasi dengan perusahaan, sehingga penyelesaian dapat dilakukan dengan cara mediasi dan Polres Pemalang siap untuk menjembatani pelaksanaan mediasi antara SBMI Tegal dengan perusahaan,” kata Amin.

Ia menjelaskan, di masa pandemi Covid-19 saat ini sudah ada peraturan bahwa tidak diperbolehkan adanya kerumunan masa.

“SBMI Tegal bukan merupakan oraganisasi buruh dari Kabupaten Pemalang, dan yang pasti tidak terdaftar di Badan Kesbangpol Kabupaten Pemalang,” jelas Amin.

Zaenudin menyatakan, kami pergi keluar negeri untuk mencari rejeki, namun perusahaan telah menindas kami dengan hanya memberikan janji-janji tidak ada bukti.

“Tuntutan kami hanya satu, yaitu penuhi hak kami. Berikan sisa gaji kami yang sudah 4 bulan kami menunggu, namun sudah 3 bulan tidak ada kejelasan dari perusahaan,” ujar Zaenuddin.

Namun setelah mendapatkan penjelasan dari Kasat Intelkam Polres Pemalang para pengunjukrasa membubarkan diri dengan tertib dan kembali ke Kabupaten Tegal. (Arif/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya