Sosialisasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Kabupaten Mamuju Tengah

01 December 2020 16:05
Sosialisasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Kabupaten Mamuju Tengah
Sekda Kabupaten Mateng, Askary Anwar buka sosialisasi kabupaten/kota sehat di aula kantor bupati Jalan Tammauni Pue Ballung, Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mateng, Sulbar. (Damone/Trans89.com)
.

MAMUJU TENGAH, TRANS89.COM – Sekda Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Askary Anwar buka sosialisasi kabupaten/kota sehat di aula kantor bupati Jalan Tammauni Pue Ballung, Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mateng, Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (30/11/2020).

Nampak hadir, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Mateng Setya Bero, Koordinator kabupate/kota sehat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Muslim Rasid, Perwira Penghubung (Pabung) Mateng Kodim 1418 Mamuju Letkol Inf Andi M Aras, Wakapolres Mateng Kompol Ramli, Kemenag Mateng Mahmuddin.

Sambutan Setya Bero mengatakan, giat ini berdasarkan keputusan bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Kesehatan (Menkes) nomor 34 tahun 2005 serta nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005, tentang penyelenggaraan kabupaten/kota sehat.

“Sesuai dengan Undang-undang (UU) nomor 36 tahun 2019, tentang kesehatan, mengamanatkan bahwa pembangunan kesehatan ditujukan untuk meningkatkan kesadaran kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang produktif secara sosial dan ekonomis,” katanya.

Menurut Setya, tujuan giat untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep dan penyelenggaraan kabupaten/kota sehat.

“Diharapkan akan terbentuk tim pembina penyelenggaraan kabupaten/kota sehat yang diketuai oleh Kepala Bappeda dan anggota instansi terkait kegiatan ini, serta diharapkan pula akan segera dibentuk forum kabupaten/kota sehat di Kabupaten Mateng,” tuturnya.

Askary Anwar menyampaikan, penyelenggaraan kabupaten/kota sehat merupakan suatu proses yang berjalan terus menerus menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan fisik sosial budaya.

“Selain itu, mengembangkan potensi-potensi ekonomi masyarakat dengan cara memberdayakan mereka agar saling mendukung dalam menerapkan fungsi-fungsi kehidupan dalam membangun potensi maksimal sesuai kabupaten/kota,” papar Askary.

Ia menyebutkan, berdasarkan hasil riset, kesehatan dasar tahun 2018 di berbagai daerah di Indonesia, menunjukkan masih banyak permasalahan kesehatan yang ditandai dengan rendahnya cakupan atau capaian-capaian indikator kesehatan.

“Berdasarkan penyakit menular, menunjukkan peningkatan angka prevalensi pada tahun 2018, prevalensi diare dari 4,5% pada tahun 2013 menjadi 6,8% pada tahun 2018,” sebut Askary.

Askary mengatakan, begitupula dengan prevalensi pneumonia berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan, terjadi peningkatan dari 1,6% pada tahun 2013 menjadi 2,0% pada tahun 2018.

“Prevalensi hepatitis berdasarkan diagnosis dokter juga mengalami peningkatan dari 0,2% pada tahun 2013 menjadi 0,4% pada tahun 2018,” katanya.

Dirinya menyatakan, filariasis juga mengalami peningkatan prevalensi dari 0,05% pada tahun 2007 menjadi 0,8% pada tahun 2018, prevalensi TB paru pada tahun 2013 dan 2018 sebesar 0,4% prevalensi, infeksi saluran pernapasan akut berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan menurun dari tahun 2013 menjadi sebesar 4,4%, malaria juga malah mengalami penurunan prevalensi dari 1,4% pada tahun 2013 menjadi 0,4% pada tahun 2018 berdasarkan penyakit tidak menular mengalami peningkatan seperti kanker ginjal kronis diabetes melitus dan jantung.

“Untuk mengatasi permasalahan tersebut tentunya tidak mudah, meskipun daerah perdesaan di wilayah kabupaten maupun daerah perkotaan memiliki sumber daya dan potensi yang dapat diberdayakan secara maksimum dalam memberdayakan sumber daya yang ada di daerah pedesaan maupun perkotaan, namun diperlukan kemitraan dalam mendukung intervensi yang mencakup, intervensi spesifik dan sensitif secara terintegrasi saling terkait dan saling mendukung antar lintas program dan lintas sektor pemerintah swasta dan masyarakat<” ujar Askary. (Damone/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya