Musrenbang Tingkat Desa, Program Prioritas Pembangunan Kabupaten Pasangkayu dari Dusun

01 December 2020 14:44
Musrenbang Tingkat Desa, Program Prioritas Pembangunan Kabupaten Pasangkayu dari Dusun
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Dalam rangka penetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2021 mendatang. Pemerintah Desa (Pemdes) Tampaure menggelar Musrenbang tingkat desa dengan mengangkat tema ‘Meningkatkan Produktifitas Masyarakat Desa Dengan Melalui Kesehatan Yang Aman, Sejatera, Secara Ekonomi Dan Mandiri Berkarya.

Musrenbang yang turut dihadiri Camat Bambaira Muhammad Abduh, Ketua BPD Aco R, Babinsa 1427 Pasangkayu Serda Ruslin, Bhabinkamtibmas Brigpol Ismail H, dan para kepala dusun dan tokoh masyarakat, dipimpin langsung Kepala Desa Agus Latjatja di Halaman kantor desa, Kecamatan Bambaira, Kabupaten Pasangkayu, Propinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (01/12/2020).

Sambutan yang diawali Camat Abduh menyampaikan, Musrenbang kali ini, agar masyarakat di tingkat dusun sudah dapat melihat apa yang dibutuhkan dalam bersama-sama membangun desa dari dusun.

“Inilah gunanya ada tim verifikasi yang tergabung dari para Tokoh dan BPD agar dapat mendata hingga tingkat dusun semua program prioritas yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakatnya sendiri,” kata Abduh.

Ia berharap, jika dalam Musrenbang tingkat desa tidak mengusulkan program yang sifatnya pribadi atau demi kepentingan segelintir orang, namun semua haruslah demi kemaslahatan bersama demi terciptanya keberhasilan pembangunan di Desa.

“Jangan kita berharap apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dapat terealisasi tanpa adanya pengusulan didalam Musrenbang. Karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Musrenbang merupakan tempat masyarakat dapat memberikan masukan tentang program desa dan kebutuhan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat itu sendiri,” tutur Abduh.

Hal yang sama juga disampaikan Kades Tampaure Agus, bahwa masyarakat dan perangkat desa harus bisa memanfaatkan Musrenbang tingkat desa ini agar dapat menyiapkan rencana prioritas dengan tetap memperhatikan program rencana jangka menengah untuk pembangunan desa kedepannya.

“Mari kita memanfaatkan momen ini untuk duduk bersama seluruh mitra desa demi menggenjot keberhasilan pembangunan desa dari daftar prioritas desa hingga tingkat dusun dapat terverifikasi,” ajaknya.

Menurutnya, Musrembang ini merupakan ajang pembahasan semua program pembangunan desa dalam menanggulangi atau mengurangi angka kemiskinan melalui bedah rumah. Pemberdayaan perempuan dalam menurunkan angka kematian anak dan menjaga kesehatan Ibu.

“Termasuk bagaimana kita semua merumuskan kebijakan untuk melestarikan kebersihan hidup dan membina anak muda dalam mengembangkan bakatnya baik dalam keagamaan maupun olahraga,” harap Agus.

*Musrenbang Berjalan Sesuai Protkes

Memanfaatkan momen vkegiatan Musrembang, Babinsa 1427-02 Rondomayang Serda Ruslin menyampaikan himbauan pemerintah untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas diluar rumah. Seperti saat menghadiri acara Musrembang dan lainnya.

“Agar seluruh yang hadir untuk tetap memperhatikan protokol Kesehatan Dengan Cara 3 M yakni Mencuci Tangan, Menjaga Jarak,dan Memaakai Masker. Dan yang tak kala pentingnya agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan gotong-royong setiap hari Jumat,” imbau Ruslin. (Ocha/Ndi).

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya