BNNP Sulbar Menggelar Diseminasi Informasi P4GN, Jejaring Kepedulian Stakeholder Bersama Menanggulangi Narkotika

29 November 2020 10:04
BNNP Sulbar Menggelar Diseminasi Informasi P4GN, Jejaring Kepedulian Stakeholder Bersama Menanggulangi Narkotika
.

MAMUJU, TRANS89.COM – Badan Narkoba Nasional Propinsi (BNNP) Sulawesi Barat menggelar Diseminasi Informasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dalam membangun komunikasi, jejaring kerja dan kepedulian stakeholder dan masyarakat bersama memecahkan penyalahgunaan narkoba.

Diseminasi Informasi P4GN melalui talkshow dan tatap muka kepada puluhan anggota organisasi wanita
yang tergabung dari anggota PKK Sulbar, DWP BNNP Sulbar, Bhayangkari Polda Sulbar, Persit Kartika Chandra Kirana Korem 142 Tatag dan Jalasenastri Lanal Mamuju, di buka langsung Ketua TP PKK Sulbar Hj Andi Ruskati di dampingi Kepala BNNP Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto, di Aula Hotel Cempaka Mamuju, Jum’at (27/11/2020).

Dalan sambutan Ketua TP PKK Propinsi Sulbar Hj Andi Ruskati mengapresiasi kegiatan diseminasi P4GN dari BNNP Sulbar dalam melibatkan semua stakeholder bersama mencegah penyalahgunaan narkoba khususya di Sulawesi Barat ini.

Menurutnya, selain organisasi seperti PKK, DPW BNN Sulbar, Persit Korem 142 Tatag dan Jalasenastri Lanal
yang distrukturi para ibu-ibu, semua stakeholder dan masyarakat mempunyai tanggungjawab bersama memerangi penyalahgunaan barang terlarang tersebut.

“Untuk itu saya mengajak para kader PKK yang juga sebagai orang-orang tua bagi generasi muda dan sebagai masyarakat untuk bisa mengikuti diseminasi ini dengan serius, sehingga nantinya bisa bersama-sama ikut memerangi narkoba,” kata Andi Ruskati yang juga anggota DPR-RI saat ini.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNNP Sulbar Brigjen Pol Sumirat menjelaskan, bahwa diseminasi informasi ini bertujuan membangun komunikasi, jejaring kerja dan kepedulian stakeholeder dan masyarakat terutama lingkungan pendidikan untuk melakukan pemecahan masalah narkoba.

“Jadi, diseminasi dan tatap muka bersama kader PKK ini bagaimana pihak BNNP Sulbar mengajak semua elemen masyarakat bersama mencegah penyalahgunaan narkoba hingga ke pelosok desa,” kata Sumirat.

Berdasarkan hasil penelitian BNN pada tahun 2019 sebanyak 2.248 penyalahgunaan narkoba di Propinsi Sulbar, dan di tahun 2020 berada di peringkat 18 dari 34 Propinsi si Indonesia.

“Nah, jika kita bagi di seluruh desa di seluruh Sulbar terdapat 5 sampai 6 pengguna atau penyalahgunaan narkoba. Itulah saat ini yang menjadi tantangan kita bersama khususya BNNP Sulbar,” tutur Sumirat yang juga anggota Polri berpangkat bintang satu ini.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan diseminasi ini merupakan tindaklanjut instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional P4GN sebagai upaya bersama mencegah peredaran narkotika.

“Ini adalah instruksi Presiden bagaimana melibat semua stakeholder dan elemen masyarakat bersama-sama dalam menangkal peredaran barang haram tersebut,” tutup Sumirat. (Afry/Ndi).

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya