Astra Agro Kembali Gelar Training Virtual Komite Bisa Sekolah di Wilayah Binaan PT Pasangkayu

29 November 2020 02:25
Astra Agro Kembali Gelar Training Virtual Komite Bisa Sekolah di Wilayah Binaan PT Pasangkayu
ESE department Astra Agro bekerjasama dengan manajemen PT Pasangkayu laksanakan training virtual Komite Bisa Sekolah di wilayah binaan PT Pasangkayu. (Ansar/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – Education and social engagement (ESE) department bekerjasama dengan manajemen PT Pasangkayu laksanakan training virtual (online) Komite Bisa sekolah binaan PT Pasangkayu.

Kegiatan virtual ini merupakan program terpadu pendidikan masyarakat (PTPM) Astra Cerdas, dan salah satu program ESE Department.

PT Pasangkayu sendiri adalah perusahaan bergerak di bidang industri perkebunan kelapa sawit dan merupakan anak usaha PT Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Grup Area Celebes berkedudukan di Desa Gunung Sari, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar).

Kegiatan serupa juga telah dilaksanakan di beberapa anak perusahaan PT Astra Agro Lestari ditengah pandemi, dan tidak menurunkan semangat untuk melaksanakan program tersebut, karena itu kegiatan ini dikemas dalam bentuk training virtual.

Pelaksanaan training dirangkaikan dengan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke 27 dan HUT PGRI ke 75 berlangsung dua hari yakni Rabu dan Kamis, 25-26 November 2020.

Giat diikuti Intan Nurcahayani dari ESE Department, KTU PT Pasangkayu Apriadi, Kabag HRGA PT Pasangkayu Syah Alam Septa Gutama, narasumber dari Yayasan Sakolah Insan Semesta Sisworo Hadi dan Saiful.

Dari 32 peserta yang diundang, 27 peserta yang dapat bergabung di training virtual terdiri dari kepala sekolah (kepsek), guru dan komite sekolah di wilayah binaan PT Pasangkayu.

Administratur (ADM) PT Pasangkayu, Dani Sitorus, mengatakan kegiatan training ini merupakan wujud kepedulian perusahaan dalam memajukan pendidikan di sekolah-sekolah yang berada di ring satu wilayah kerja PT Pasangkayu, dan secara umum di Kabupaten Pasangkayu.

“Hal ini bertujuan untuk bangkitkan semangat dan meningkatkan peran serta komite dalam memajukan sekolah di wilayah kerja PT Pasangkayu,” katanya.

Selaku Guru Pembina PT Pasangkayu, Kartina menyatakan kegiatan ini merupakan program PTPM Astra Cerdas.

“Ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan meningkatkan keterlibatan pengurus komite demi tercapainya pelayanan pendidikan yang berkualitas,” ujar Kartina.

Mewakili Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupate Pasangkayu, Sekdis Dikpora Hendrik mengatakan Dikpora Pasangkayu ucapkan terima kasih atas pelaksanaan training ini.

“Kegiatan ini sangat mendukung peningkatan peran dan fungsi komite dalam menunjang pengembangan dan kemajuan pelayanan sekolah di Kabupaten Pasangkayu khususnya dimasa pandemi,” katanya.

Camat pasangkayu, Hasbi, menyebutkan PT Pasangkayu senantiasa berusaha meningkatkan kualitas pendidikan di setiap sekolah.

“Mudah-mudahan kedepannya lebih ditingkatkan lagi. Dengan adanya giat seperti ini juga terjalin hubungan yang semakin erat antara guru dengan orang tua,” sebut Hasbi.

Menurut dia, komite sekolah juga harus berperan penting dalam meningkatkan kualitas sekolah sebagaimana tugas dan fungsinya yaitu merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

“Kami berharap, dengan adanya training ini, masalah pendidikan dari PAUD-TK-SMP-SMA/SMK dapat diatasi, sehingga kualitas pendidikan di Kabupaten Pasangkayu semakin meningkat,” tutur Hasbi.

Pesehrta dari SD Petunggu, Syafaruddin menjelaskan, sebagai guru, kegiatan ini sangat bermanfaat dan berkesan, karena mendapat banyak tambahan pengetahuan, menjalin silaturahmi antar sesama peserta walaupun secara virtual.

“Setelah training ini, saya akan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dari training ini,” jelasnya.

Ketua panitia, Ahmad ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada narasumber atas materi yang telah disampaikan.

“Kepada peserta, kami juga ucapkan terima kasih atas partisipasi aktifnya dan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas kekurangan yang mungkin terjadi selama training berlangsung,” ucap Ahmad di Pasangkayu, Sabtu (28/11/2020).

Suasana pelaksanaan training dari acara pembukaan hingga penyampaian materi hingga penutupan, semuanya dapat berjalan dengan baik.

Para peserta juga terlihat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan training ini sampai kegiatan berakhir, di karenakan pemateri tetap mempertahankan semangat peserta dalam mengikuti training. (Ansar/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya