Aliansi Pemuda Bersatu Aksi di Kantor Bawaslu dan Wakatobi, Ini Tuntutannya

18 November 2020 01:10
Aliansi Pemuda Bersatu Aksi di Kantor Bawaslu dan Wakatobi, Ini Tuntutannya
Aliansi Pemuda Bersatu unjuk rasa terkait dengan pembagian sembako dan uang yang dilakukan Samsul Umar Abdu Samiun diduga menyatakan bantuan Covid-19 untuk masyarakat Kabupaten Wakatobi berlangsung di kantor Bawaslu dan Bupati Wakatobi, Sultra. (Rony Wijaya/Trans89.com)
.

WAKATOBI, TRANS89.COM – Ratusan massa dari Aliansi Pemuda Bersatu (APB) unjuk rasa terkait dengan pembagian sembako dan uang yang dilakukan Samsul Umar Abdu Samiun diduga menyatakan bantuan Covid-19 untuk masyarakat Kabupaten Wakatobi.

Massa aksi dipimpin Salimudin berunjuk rasa di kantor Bawaslu dan Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (16/11/2020).

Orasi Salimudin mengatakan, kami datang kesini untuk mempertegas dan mempertanyakan tindaklanjut proses dugaan pelanggaran pidana pemilu terkait pembagian beras dan uang yang dilakukan Samsul Umar Abdul Samiun.

“Kami mendesak Ketua Bawaslu Wakatobi agar memanggil Samsul Umar Abdu Samiun untuk memberikan keterangan terkait dugaan bagi-bagi beras dan uang karena menimbulkan keresahan masyarakat Wakatobi,” kata Salimudin.

Ia meminta kepada Ketua Bawaslu agar memerintahkan seluruh stafnya untuk keluar dari ruangannya, karena kantor ini akan kami segel.

“Menyegel bukan pelanggaran dan kejahatan, tapi merupakan bentuk kekecewaan kami kepada Bawaslu. Meminta Bawaslu agar segera memproses Samsul Umar Abdul Samiun,” pinta Salimudin.

Menurut dia, akan menyurati Bawaslu RI, Mendagri dan Kapolri terkait dugaan pelanggaran tersebut.

“Pihak Bawaslu Wakatobi sangat tumpul dan lemah. Olehnya itu kami tidak percaya kepada Bawaslu Kabupaten Wakatobi,” tutur Salimudin.

Tanggapan Ketua Bawaslu Wakatobi, Arifin mengatakan, Bawaslu sudah melakukan kewajibannya sebagai pengawas, Bawaslu sudah melibatkan Gakumdu terkait tuntutan saudara-saudara.

“Kami sudah melakukan investigasi terkait dengan tuntutan saudara-saudara. Kami sudah melakukan kajian terkait pelanggaran Samsul Umar Abdul Samiun,” kata Arifin.

Dirinya menjelaskan, kami telah lakukan penelusuran terkait bagi-bagi beras dan uang oleh Samsul Umar Abdul Samiun yang melibatkan salah satu pasangan calon (paslon) bupati.

“Penyelidikannya terkait pidana adalah dari pihak kepolisian dan kejaksaan yang terlibat dalam sentra Gakumdu. Olehnya itu, proses lanjutnya adalah Gakumdu dan saat ini sudah dilakukan penyelidikan oleh Gakumdu,” jelas Arifin.

Kemudian massa aksi menuju kantor Bupati Wakatobi, dan Salimudin meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wakatobi untuk memberikan surat teguran terkait dugaan bagi-bagi beras dan uang oleh Samsu Umar Abdul Samiun yang mengatasnamakan bantuan Covid-19 karena diduga tidak prosedural dan ditunggangi kepentingan politik.

“Sampai saat ini kami belum menerima surat teguran resmi terhadap kegiatan Samsu Umar Abdul Samiun sebagaimana yang dijanjikan oleh Sekda Kabupaten Wakatobi,” ujar Salimudin.

Ia menyatakan, hari ini kami meminta surat resmi teguran secara kelembagaan terhadap Samsu Umar Abdul Samiun.

“Kami mendesak Pemda Kabupaten Wakatobi untuk segera memberikan bantuan Covid-19 untuk kepentingan masyarakat Wakatobi,” ujar Salimudin.

Tanggapan Penjabat (Pj) Bupati Wakatobi, Aslaman Sadik didampingi Kapolres Wakatobi, AKBP Suharman Sanusi, menyampaikan untuk bantuan sosial (Bansos) sudah dilaksanakan oleh Pemda Wakatobi.

“Kita berdoa tahun depan tidak ada lagi Covid-19, akan tetapi saya akan berkoordinasi dengan Kepala Dinas (Kadis) Sosial dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait bantuan Covid-19, dan kalau masih ada anggarannya maka akan kami salurkan bantuan Covid-19 kepada masyarakat Wakatobi,” paparnya.

Lanjut Aslaman, surat himbauan kepada Samsu Umar Abdul Samiun sudah dibuat dan sudah kami baca dan tandatangani, serta paling lama 1 minggu surat tegurannya akan dikeluarkan oleh Pemda Wakatobi.

“Bagi siapa saja yang mau memberikan bantuan Covid-19 harus melalui rekomendasi Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Wakatobi,” tambahnya. (Rony/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya