Gubernur Sulsel Panen Raya Udang Windu di Pinrang

17 November 2020 12:24
Gubernur Sulsel Panen Raya Udang Windu di Pinrang
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan rombongan kunker untuk panen raya udang windu di Desa Waetuo, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang. (Yudhi/Trans89.com)
.

PINRANG, TRANS89.COM – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah dan rombongan kunjungan kerja (kunker) untuk panen raya udang windu (sitto) di Desa Waetuo, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang, Senin (16/11/2020).

Rombongan Gubernur Sulsel di anatar langsung Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid bersam Forkopimda Pinrang untuk lakukan panen udang windu.

Sambutan Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid ucapkan selamat datang gubernur Sulsel dan rombongan di Pinrang untuk melaksankan panen raya udang windu.

“Kunjungan bapak gubernur Sulsel merupakan suatu berkah bagi kita semua terkhusus wilayah Desa Waetuo, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang, dimana wilayah ini merupakan kawasan budidaya udang sekitar 15.000 hektar (Ha),” ucap Irwan.

Ia mengharapkan dukungan gubernur, agar Pinrang menjadi penghasil budidaya udang dengan mendukung alat petani tamabak khususnya petani budidaya udang di wilayah Kecamatan Lanrisang.

“Kami harapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel mendukung petani tambak dalam memberikan bantuan alat budidaya udang di Pinrang,” harap Irwan.

Sementara Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, menyatakan bangga dengan Kabupaten Pinrang, karena bisa menghasilkan panen budidaya udang windu yang ramah lingkungan.

“Ada beberapa kendala yang saya dapat dari para petani tambak, Insya Allah akan kami bantu dengan dua excavator terutama pembuatan irigasi dan jalan masuk ke tambak udang windu,” ujar Nurdin.

Ia menjelaskan, udang windu ini merupakan udang yang membuat masyarakat kita menjadi sejahtera, dan kami sangat suport ke petani yang ada di Lanrisang ini.

“Para petani tambak, tolong berikan masukan kepada kami apa yang harus kami suport. Kami berharap kepada petani, udang windu di Kabupaten Pinrang merupakan penghasil udang windu untuk bisa di banggakan dan di tingkatkan lagi,” jelas Nurdin.

Sesi tanya jawab gubernur dengan petani tambak

Adapun sesi tanya jawab oleh Ketua Komunitas Udang Windu Indonesia Lanrisang, Zain menyampaikan saran buat mohon kiranya proses penambahan irigasi kalau bisa di bantu alat berat dan Insya Allah kami akan tingkatkan budidaya udang windu.

“Kami di sini para petani udang windu mohon penggalian rehabilitasi irigasi dan area tambak,” papar Zain.

Sementara Abdul Aris meminta kepada gubernur dan instansi terkait di Pinrang terkait masalah benur.

“Tolong kami petani di bantu, karena benur kita ini sangat minim dari benur yang kita butuhkan saat ini,” pinta Aris.

Tanggapan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyatakan untuk membantu petani budidaya udang windu di Pinrang.

“Insya Allah kami akan penuhi apa yang menjadi kendala bagi para petani udang windu, dan mohon Kepala Dinas (Kadis) Perikanan (Sulsel) perhatikan petani kita,” ujar Nurdin.

Gubernur Sulsel beserta rombongan juga meninjau pabrik pakan Barakka di Kelurahan Lanrisang dan pabrik pengolahan rumput laut PT Biota Laiut Ganggang (BLG) di Desa Polewali, Kecamatan Suppa, Kabupate Pinrang. (Yudhi/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya