Siswa Berbakat Jadi Sastarwan Dari SMP Astra Makmur Jaya Raih Penghargaan

16 November 2020 15:51
Siswa Berbakat Jadi Sastarwan Dari SMP Astra Makmur Jaya Raih Penghargaan
Piagam penghargaan bagi siswa SMP Astra Makmur Jaya, Aniska yang telah menrbitkan cerpen dengan judul, 'Merajut Rasa di Cipalung', telah di terbitkan oleh jejak publisher dan mendapat penghargaan dari lembaga tersebut. (Muhammad Tahir Pilo/Trans89.com)
.

PASANGKAYU, TRANS89.COM – SMP Astra Mamkur Jaya merupakan sekolah binaan Yayasan Astra Agro, dimana sekolah ini berada di wilayah kerja PT Letawa merupakan anak usaha PT Astra Astra Agro Lestari (AAL) Tbk Grup Area Celebes yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit di Desa Makmur Jaya, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar).

Para siswa SMP Astra Makmur Jaya sendiri sering megikuti berbagi event untuk mewakili sekolah, kabupaten atau provinsi, dan kali ini salah satu siswa SMP Astra Makmur Jaya, Aniska memiliki bakat menulis yang hebat untuk anak seusianya.

Karya tulis Aniska berupa buku antologi cerita pendek (cerpen) dengan judul, ‘Merajut Rasa di Cipalung’, telah di terbitkan oleh jejak publisher dan mendapat penghargaan dari lembaga tersebut.

Keseharian gadis 14 tahun kelahiran Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulsel ini memiliki hobby membaca dan menulis sekaligus pecinta alam telah menjadikan Aniska kaya akan ide ide menulis.

Guru pembimbing Aniska di SMP Astra Makmur Jaya, Gede Ardiantara, mengatakan buku antologi cerpen Merajut Rasa di Cipalung sendiri sebenarnya bukanlah karya perdana dari Aniska.

“Aniska telah menghasilkan karya cerpen yang telah di muat dalam majalah dunia pendidikan terbitan Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan judul Mari Menjaga Bumi dan Apa Untungnya Belajar Matematika,” kata Gede di Pasangkayu, Senin (16/11/2020).

Sementara Kepala Sekola (Kepsek) SMP Astra Makmur Jaya, Adi Dasuki, menyampaikan kegemaran Aniska akan dunia sastra sudah terpantau saat yang bersangkutan mulai masuk SMP Astra Makmur Jaya tahun 2018 silam.

“Pihak sekolah yang memang memiliki program pengembangan minat dan bakat siswa terus mengasah dan memberi ruang untuk mengembangkan bakat setiap anak didik termasuk Aniska,” tutur Adi.

Adi berharap karya salah satu siswanya berupa buku antologi cerpen yang judulnya diambil dari salah cerpen yang di tulis Aniska tersebut dapat di terima pasar sebagai salah satu bacaan positif bagus siswa-siswi seluruh Indonesia.

“Ini menjadi bukti bahwa karya sastra anak negeri juga tidak kalah dengan buku buku antologi cerpen dari luar,” ujar Adi.

SMP Astra Makmur Jaya sendiri memang di kenal di Sulbar sebagai salah satu sekolah yang memberi ruang yang cukup untuk mengembangkan bakat dan minat siswa yang tidak saja di bidang akademik tetapi juga non akademik. (Pilo/Nis)

Trans89.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya